Sukses

Ini Cara Simpel Kompres File PDF, Gampang Banget

Liputan6.com, Jakarta Kamu tentunya kerap mendapati file atau berkas dalam bentuk PDF, baik di dunia pekerjaan maupun perkuliahan.

Belakangan ini, dokumen PDF sangat dibutuhkan untuk mendaftar kerja di sebuah perusahaan, atau mendaftarkan diri sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS.

Namun permasalahannya, di website tempat mendaftar seringkali ukuran dokumen untuk diunggah dibatasi hingga 100kb saja. Padahal, rata-rata ukuran PDF adalah 1MB hingga 2MB.

Untuk mengecilkan ukuran tersebut, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya. Berikut cara kompres PDF, menggunakan deretan website kompres online yang bisa diakses hanya dengan sekali klik.

Melansir berbagai sumber sebagaimana dilansir Merdeka.com, berikut ulasan lengkapnya.

 

2 dari 4 halaman

Menggunakan I Love PDF

Website kompres PDF yang bisa kamu manfaatkan adalah ilovepdf. Ketika sudah masuk, kamu cukup mengetuk tombol "Select PDF Files" atau bisa men-drag dokumennya langsung ke tombol tersebut.

Jika sudah, kamu akan diberi tiga pilihan: extreme, recommended, dan less. Kami bisa memilih antara extreme atau recommended untuk menjadikannya berukuran 100kb.

 

3 dari 4 halaman

Small PDF

Website kompres PDF selanjutnya adalah smallpdf. Cara kerjanya hampir sama dengan ilovepdf, namun dari smallpdf disediakan opsi untuk memilih dokumen langsung dari Google Drive atau Dropbox.

Di smallpdf ini kamu hanya memiliki opsi basic compression, di mana dapat mengecilkan ukuran PDF hanya 40 persen. Namun dokumen kerja kamu seharusnya sudah mencukupi untuk jadi di bawah 100kb, jika ukurannya di bawah 2MB.

 

4 dari 4 halaman

PDF Compressor

pdfcompressor adalah salah satu website kompress PDF yang paling sederhana. Kelebihannya adalah tidak mengubah sama sekali piksel atau kerapatan dot per inci dari dokumennya.

Di website ini kamu tidak mendapatkan opsi apapun soal kualitas namun secara ringkas langsung menyediakan tautan unduh dokumen sehingga lebih efisien.

Reporter: Indra Cahya

Sumber: Merdeka.com

Loading