Sukses

WhatsApp Rilis Fitur Katalog Belanja di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Facebook merilis fitur katalog untuk aplikasi pesan WhatsApp. Kehadiran layanan e-commerce ini merupakan salah satu cara Facebook untuk lebih memonetisasi aplikasi yang dibelinya pada 2014 tersebut.

Dilansir Reuters, Sabtu (9/11/2019), pengguna aplikasi WhatsApp Business kini bisa menampilkan "etalase" barang dagangan mereka dengan keterangan gambar dan harganya. Fitur ini membuat pemilik bisnis lebih profesional, dan konsumen lebih mudah terhubung tanpa harus mengunjuni situs web tertentu.

"Kami membuka perdagangan sebagai babak baru. Kami setiap hari mendengar pengguna bisnis, WhatsApp adalah tempat mereka bertemu dengan konsumen ketimbang mengirim mereka ke situs web," ungkap Product Manager WhatsApp, Amrit Pal.

Semua produk yang ada di katalog dilengkapi dengan informsai termasuk harga, penjelasan, dan kode produk. Keberadaan katalog ini juga bertujuan menghemat ruang penyimpanan di ponsel pemilik akun bisnis dan konsumen.

Fitur katalog WhatsApp telah tersedia untuk pengguna di Brasil, Jerman, India, Indonesia, Meksiko, Inggris, dan Amerika Serikat (AS). Peluncuran juga akan digelar untuk lebih banyak negara.

2 dari 3 halaman

WhatsApp Rilis Pengaturan Privasi Terbaru untuk Grup Chat di Indonesia

Lebih lanjut, WhatsApp merilis pengaturan privasi baru untuk fitur Group (Group Chat) di Indonesia. Melalui fitur ini, pengguna bisa mendapatkan kendali lebih saat hendak bergabung ke group obrolan.

"Pengaturan privasi Group ini merupakan bentuk komitmen WhatsApp memberikan pengalaman pesan pribadi terbaik bagi seluruh pengguna, termasuk menangkal penyebaran misinformasi," kata Direktur Kebijakan APAC WhatsApp Clair Deevy di Kantor Kemkominfo Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna bisa membuka Pengaturan atau Setelan dalam aplikasi. Selanjutnya, pengguna bisa kemudian ketuk Akun > Privasi > Grup, dan pilih salah satu dari ketiga opsi yang disediakan.

Tiga opsi pada WhatsApp tersebut antara lain adalah "Semua Orang", "Kontak Saya," atau "Kontak Saya Kecuali."

3 dari 3 halaman

Penjelasan Tiga Opsi di Atas

Jika pengguna memilih opsi "Semua Orang", artinya semua pengguna WhatsApp, tanpa terkecuali, boleh memasukkan nomor kita ke grup manapun. Kemudian, jika pengguna memilih opsi "Kontak Saya" berarti hanya pengguna yang terdaftar dalam daftar kontak yang dapat menambahkannya ke dalam grup.

Sementara, opsi "Kontak Saya Kecuali" menawarkan pengaturan tambahan untuk memilah siapa saja dalam daftar kontak pengguna yang dapat menambahkannya ke dalam grup obrolan.

Nantinya, admin yang tidak dapat menambahkan pengguna ke dalam grup akan diminta untuk mengirimkan undangan pribadi melalui chat individual. Hal ini memberikan mereka pilihan apakah berminat untuk bergabung ke dalam grup atau tidak.

Pengguna juga diberi kesempatan untuk memutuskan mau menerima menerima undangan tersebut dalam waktu tiga hari sebelum batas waktu berakhir.

"Dengan fitur-fltur terbaru ini, pengguna memiliki kendali lebih besar atas pesan grup yang mereka terima," kata Deevy.

(Din/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook Hapus 3,2 Miliar Akun Palsu
Artikel Selanjutnya
Dilema Para Pengecek Fakta Dunia, Kendala Bahasa hingga Budaya