Sukses

Solusi IoT Akari, Sulap TV Biasa jadi SmartTV

Liputan6.com, Jakarta - Internet kini jadi kebutuhan pokok bagi orang-orang di kota besar. Saking pentingnya internet, beberapa orang lebih mengutamakan kuota internet jadi kebutuhan prioritas mereka.

Karena koneksi internet pula, konvergensi antara perangkat yang satu dengan lainnya bisa dilakukan. Era ini pun dikenal dengan internet of things (IoT).

Internet of things sendiri merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus, seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya.

Internet of things juga merambah ke dunia nyata, misalnya dengan kehadiran smart home. Dengan konsep smart home, pemilik rumah bisa menyala dan matikan lampu melalui instruksi suara.

Termasuk untuk membuka dan mengunci pintu rumah juga bisa diaktivasi melalui perintah suara. Apa yang terjadi di film pun bisa jadi kenyataan, juga berkat konsep internet of things.

Salah satu embrio dari IoT adalah smart TV merupakan salah satu embrio IoT.

Sayangnya tidak semua televisi di rumah adalah smart TV. Untuk itu, produsen elektronik lokal Akari menawarkan solusi mengubah TV biasa menjadi smart TV.

2 dari 3 halaman

Tak Perlu Beli TV Baru

Produsen asal Sidoarjo ini membuat solusi berupa perangkat Smartbox. Dengan alat ini, TV lama cukup disambungkan dengan Smartbox, sehingga saat itu juga TV lama secara instan menjadi sebuah Smart TV.

CEO PT Akari Indonesia Kenny Kwe mengatakan, "Anda tidak perlu membeli TV baru, silahkan TV lama Anda dioptimalkan dengan cara menyambung Smartbox Akari ke Tv Anda. Seketikan Anda akan menikmati sensasi menonton yang berbeda."

Kenny mengatakan, produk Smartbox terbaru dari Akari menurut Kenny sudah menggunakan AndroidTV 9. Keunggulan utamanya adalah adanya perintah suara.

Misalnya, kata Kenny, ketika pengguna ingin mengecek waktu di belahan bumi mana pun, tinggal meminta dan Smartbox akan memberikan jawaban.

Produk tersebut sudah dalam Bahasa Indonesia, sehingga siapa pun bisa mengerti, apapun juga pertanyaannya.

3 dari 3 halaman

Gunakan Android 9.0

Selain waktu, Smartbox yang yang dikontrol lewat perintah suara ini bisa digunakan untuk mengetahui ramalan cuaca, pencarian trailer film di YouTube, dan lain-lain. Perintah untuk menurun atau meninggikan volume itu bisa dilakukan lewat perintah suara.

“Teknologi ini dimungkinkan karena Smartbox Akari menggunakan platform Android TV 9.0 terbaru," kata Kevin.

Ia mengungkapkan, dengan menggunakan Androidtv, pengguna tidak perlu galau, karena jika ada versi android lebih tinggi, Akari akan memperbaruinya secara gratis.

"Smartbox kami juga bisa di koneksikan ke Google Home karena kami sudah tersertifikasi Google,” ujar Kenny Kwe.

Selain merilis Smartbox sebagai solusi menyulap TV biasa menjadi TV pintar, Akari juga akan merilis smartTV teknologi terbaru, bernama smart connect.

Teknologi tersebut mampu mengkoneksikan smartphone konsumen ke layar TV dengan mudah. Koneksi ini tidak memerlukan hotspot WiFi di rumah, karena tetap menggunakan smartphone untuk akses browser ataupun memainkan apps tertentu.

(Tin/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Gandeng Vidio, Sharp Luncurkan TV Android dengan Kecerdasan Buatan
Artikel Selanjutnya
Telkomsel Suntik Dana ke Startup Berbasis IoT asal AS