Sukses

Daftar Vendor Smartphone yang Bakal Rilis Android 10 Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Persoalan yang masih dihadapi Android hingga saat ini adalah adopsinya yang masih belum merata. Maksudnya, dengan model perangkat yang beragam, adopsi versi Android terbaru kadang membutuhkan waktu sangat lama.

Oleh sebab itu, Google terus mendorong sejumlah manufaktur untuk menggunakan sistem Android terbaru di perangkat besutannya.

Terbaru, Google juga mengungkap sejumlah deretan manufaktur yang dipastikan akan segera mengadopsi Android 10 untuk perangkatnya. 

Dikutip dari GSM Arena, Senin (28/10/2019), beberapa manufaktur seperti Asus, LG, Motorola, Oppo, Realme, Samsung, Sharp, Sony, termasuk Vivo sudah berkomitmen untuk melakukan pembaruan Android 10 untuk perangkatnya hingga akhir tahun ini.

Sejumlah manufaktur tersebut menambah deretan perusahaan lain, seperti HMD Global (Nokia), Xiaomi, dan OnePlus yang sudah lebih dulu memperbarui produknya ke Android 10.

Untuk diketahui, Google memang memiliki program khusus yang diberi Project Treble. Program ini merupakan kolaborasi Google dengan manufaktur untuk mempercepat adopsi Android.

Dengan program ini, Google mengklaim rata-rata waktu pembaruan dari Android Oreo ke Pie menjadi tiga bulan saja. Karenanya, perusahaan berharap pembaruan ke Android 10 dapat berlangsung lebih cepat.

2 dari 3 halaman

Android 10 Beta Meluncur untuk Samsung Galaxy Note 10

Untuk diketahui, sejumlah vendor smartphone sedang bersiap untuk merilis OS Android 10 untuk produk-produknya. Salah satunya adalah Samsung.

Dilansir GSM Arena, Minggu (27/10/2019), Samsung akhirnya merilis versi beta Android 10 untuk Galaxy Note 10. Para pengguna Galaxy Note 10 dilaporkan mulai menerima Android 10 beta, bersamaan dengan One UI 2.

Seorang pengguna Galaxy Note 10 asal Jerman, telah mengonfirmasi laporan itu. Software serupa disebut seharusnya juga sudah tersedia di Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Pembaruan software ini memakan ruang penyimpanan sebesar 1,8GB. Selain itu, Samsung juga merilis patch keamanan edisi November untuk Galaxy Note 10.

Pengguna yang ingin mendapatkan versi beta harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi Samsung Members. Usai mendapatkan persetujuan, pembaruan untuk versi beta akan muncul di menu Settings pada Galaxy Note 10 milik pengguna.

3 dari 3 halaman

Persiapan Android 11

Android 10 dirilis pada September 2019 dan baru tersedia pada beberapa smartphone, tapi Google sudah bicara soal versi terbaru OS tersebut.

Laporan baru ini muncul bersamaan dengan pengumuman rencana Google menggelar Android Dev Summit pada akhir Oktober 2019.

Dilansir Tech Radar, salah satu acara di dalam Android Dev Summit itu berjudul "Preparing Scoped Strorage in Android 11."

Laporan baru ini dinilai cukup menarik. Pasalnya, Google sebelumnya menggunakan kode untuk merujuk software yang akan dirilisnya.

(Dam/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Antivirus Android Ini Ternyata Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Tips Manajemen RAM untuk Android Biar Enggak Lemot