Sukses

Google Hadirkan Dark Mode untuk Gmail dan Maps

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya menghadirkan dark mode atau modus gelap di dua aplikasinya yang paling sering dipakai, yakni Gmail dan Maps.

Dark mode untuk Gmail dan Google Maps ini bisa dinikmati oleh pengguna iOS maupun Android. Demikian dikutip dari The Next Web, Senin (14/10/2019). 

Sayangnya, tidak semua pengguna bisa menikmati dark mode di Gmail dan Maps ini.

Dalam unggahan Twitter, seorang juru bicara Google mengonfirmasi bahwa perusahaan menggulirkan dark mode untuk Gmail di pembaruan teranyar. Namun, menurut juru bicara tersebut, hanya pengguna dengan Android 10 dan iOS 11 ke atas yang bisa memakainya.

"Saat ini opsi dark mode hanya tersedia untuk Android 10 ke atas dan iOS 11 ke atas," kata juru bicara Google dalam cuitan selanjutnya.

Ia menambahkan, jika versi OS di atas tersedia pada perangkat, pengguna disarankan untuk memperbarui aplikasi demi bisa memakai dark mode.

Gmail pun melalui akun Twitter resminya juga mengumumkan pihaknya telah menggulirkan dark mode di pembaruan teranyar.

Untuk memakainya, pengguna Gmail bisa mengecek apakah smartphone miliknya menggunakan OS Android 10 atau iOS 11 ke atas.

Sebelumnya, Google juga memberikan bocoran untuk dark mode aplikasi Google Maps lewat akun resmi Instagram milik Android.

2 dari 3 halaman

Lancar Jaya di iOS

Sejumlah pengguna Reddit sudah mulai menjajal dark mode untuk Maps di perangkat mereka.

Bagi pengguna iPhone, sebagian besar tidak mengalami kesulitan dalam memperbarui ke versi iOS dengan dukungan dark mode.

Namun, bagi sebagian pengguna Android, pembaruan mungkin mengalami masalah, terutama bagi pemilik perangkat yang menjalankan custom skin. Kabarnya, mereka menerima pembaruan tersebut dengan penundaan.

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Aktifkan Dark Mode?

Untuk mendapatkan dark mode di Gmail pada iPhone kamu, pengguna harus memastikan iPhone telah diperbarui ke iOS 11 ke atas.

Kemudian, mereka bisa mengaktifkan dark mode di iOS.

Pengguna juga bisa pergi ke Setting kemudian pilih Theme pada aplikasi Gmail (belum tersedia pada semua pengguna iOS 13).

Seiring dengan peluncuran fitur dark mode ini, belum semua pengguna mendapatkannya secara bersamaan, meski sudah update ke iOS terbaru.

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
15 Antivirus Android Ini Ternyata Berbahaya
Artikel Selanjutnya
Tips Manajemen RAM untuk Android Biar Enggak Lemot