Sukses

Google Rayakan Ulang Tahun ke-21 dengan Foto Komputer Lawas di Doodle

Liputan6.com, Jakarta - Google merayakan ulang tahunnya yang ke-21 tahun pada Jumat (27/9/2019).

Perayaan ulang tahun raksasa internet asal Amerika Serikat ini dilakukan dengan memajang Google Doodle di laman muka pencarian Google hari ini.

Dalam Google Doodle edisi ulang tahun ini, perusahaan memasang sebuah foto retro satu set komputer model lama. Layar komputer dektop itu menampilkan laman pencarian Google lawas dengan logo lamanya.

Dalam foto itu terdapat keterangan tanggal yakni '98-9-27 atau tertanggal 21 tahun lalu.

"21 tahun lalu, dua mahasiswa pascasarjana Stanford, Sergey Brint dan Lawrence (Larry) Page mempublikasikan makalah berisi peluncuran protitipe mesin pencari berskala besar," kata Google dalam keterangan Doodle-nya.

Keduanya menuliskan, "kami memilih nama Google untuk sistem tersebut, karena nama tersebut merupakan ejaan sederhana untuk googlol atau 10100. Nama ini sangat cocok untuk dengan tujuan kami membangun mesin pencari berskala sangat besar."

2 dari 3 halaman

100 Bahasa di Dunia

Kini, Google beroperasi menggunakan lebih dari 100 bahasa di dunia.

Google membantu menjawab triliunan pertanyaan dari pengguna tiap tahunnya. Google menyebut,skala pencarian di Google kian besar tiap tahunnya. "Selamat ulang tahun ke-21, Google!"

 

3 dari 3 halaman

7 September atau 27 September?

Hari jadi mesin pencarian raksasa ini sebenarnya cukup membingungkan. Pasalnya, Google baru secara resmi menjadi korporasi pada 7 September 1998. Namun yang pasti, Google memiliki banyak hari istimewa di bulan September.

Sekadar informasi, alamat Google.com terdaftar pada 15 September 1997 dan resmi menjadi sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Selang beberapa hari kemudian, Google secara teknis menjadi korporasi.

Google mulanya merayakan ultah setiap tanggal 7 September. Pun begitu, semuanya berubah semenjak 2005. Kala itu, Google memutuskan untuk menetapkan tanggal 27 September sebagai hari ulang tahun.

Pemilihan tanggal 27 September ini pun bukannya tanpa alasan. Google memilih tanggal ini untuk merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka. 

Terpenting, selamat ulang tahun Google! 

(Tin/Ysl)