Sukses

XL Axiata Berniat Jual Tower Lagi

Sebelumnya XL Axiata telah menjual sekitar 6.000 tower dalam kurun waktu 2014-2016.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata berencana kembali menjual tower. Meski demikian, sejauh ini masih belum ada pengumuman secara resmi ke pasar karena masih dalam tahap persiapan.

Direktur Keuangan XL Axiata, Mohamed Adlan Bin Ahmad Tajuddin mengatakan, saat ini pihaknya masih memiliki 4.500 tower. 

"Kami sedang merencanakan menjual tower ini, tapi kami masih dalam tahap persiapan. Kapan? Kalau bisa secepatnya tapi belum bisa dipastikan waktunya, pada waktu yang tepat nantinya," kata dia di Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Dia menjelaskan, rencana menjual tower ini bergulir karena tower-tower tersebut tidak lagi strategis.

Sebab, ketergantungan terhadap tower-tower tersebut makin berkurang, seiring peningkatan jaringan yang dilakukan perusahaan.

"Satu site ini dia link ke banyak site. Satu site menopang sekitar 10-20 site. Tapi ketika bergerak ke distributed core architecture, jadi site-site ketergantungannya sudah berkurang. Dari 10-20 site mungkin satu bergantung 2-3 site saja," jelas Adlan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seiring Ekspansi Jaringan

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan, sebelumnya perusahaan memang tidak berniat menjual sisa tower tersebut karena dinilai masih strategis.

Namun seiring ekspansi jaringan yang dilakukan, perusahaan tidak lagi bergantung pada tower ini sehingga bisa dijual.

"Persiapan bukan cuma di kami, tetapi juga melihat kondisi pasar. Yang menjajaki menjual tower kan bukan hanya kami, jadi kami tidak bisa memberikan jawaban pasti. Harus melihat dari sisi buyer juga," tandas Dian.

(Wilfridus Setu Emb/Isk)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini