Sukses

Google Doodle Ikut Ramaikan HUT RI ke-74

Liputan6.com, Jakarta - Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, mesin pencari Google ternyata ikut serta meramaikannya. Seperti biasa, bentuknya ditampilkan dalam sebuah ilustrasi Google Doodle.

Berdasarkan pantuan Tekno Liputan6.com, Sabtu (17/8/2018). ilustrasi yang ditampilkan menggambarkan suasana 'tujuhbelasan' di pemukiman warga.

Dalam ilustrasi tersebut diperlihatkan ada warga yang sedang menghias gapura dengan tulisan 'HUT ke-74 RI'. Ilustrasi yang dibuat oleh Hari Prast itu juga menampilkan keriuhan warga dalam menyambut HUT RI tahun ini.

"Mewujudkan semangat kolaborasi (gotong royong) yang merupakan inti nilai Indonesia, Gapura berfungsi sebagai pengingat bagi orang Indonesia bekerja sama untuk negara lebih baik di Hari Kemerdekaan dan setiap hari," tulis Google dalam situsnya.

Google juga menjelaskan dalam perayanaan Hari Kemerdekaan ini akan dimulai dengan upacara bendera. Lalu, di sejumlah tempat akan dilakukan beragam lomba, mulai dari balap karung hingga panjat pinang.

Sekadar informasi, seperti biasa, dalam perayaan hari ini akan dilakukan pula Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai awalnya, akan dilakukan kirab bendera pusaka.

Setelah itu, dilakukan pula kirab teks asli naskah proklamasi yang dimulai dari Monumen Nasional hingga Istana Merdeka untuk peringat HUT k-74 RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Menunggu Kejutan Jokowi di HUT ke-74 RI

Sebagai tambahan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan kejutan khusus saat peringatan puncak HUT ke-74 RI. Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipusatkan di Halaman Istana Merdeka, Jakarta pada 17 Agustus 2019.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono memilih untuk merahasiakan kejutan itu. "Tentunya ada satu kejutan dan tentunya beda dengan tahun lalu dan tentu ada surprisenya kita tungu besok pagi," kata Heru di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/8/2019)

(Dam/Isk)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS