Sukses

PUBG Mobile Jadi Gim Battle Royale dengan Pendapatan Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pemain PUBG Mobile? Kalau iya, mungkin kamu akan senang membaca berita ini.

Temuan perusahaan riset pasar Sensor Tower menunjukkan, PUBG Mobile merupakan gim bergenre battle royale dengan pendapatan tertinggi saat ini.

Disebutkan pendapatan gim ini melonjak naik, terhitung sejak Februari lalu. Selain itu, salah satu pasar yang berkontribusi sangat besar di dalam pendapatan ini adalah Tiongkok.

Mengutip Venture Beat, Minggu (11/8/2019), PUBG Mobile memang belum lama ini baru dirilis di Tiongkok, sekitar dua bulan lalu. Namun, alih-alih menggunakan nama PUBG Mobile, Tencent Games selaku penerbit gim ini menggunakan nama Game for Peace khusus untuk pasar negara tersebut.

Masih menurut temuan Sensor Tower, selama dua belas bulan terakhir pengeluaran pemain PUBG Mobile tercatat mencapai USD 167 juta.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat peningkatan sebesar 748 persen. Oleh sebab itu, selama tiga bulan berturut-turut gim ini menempati urutan pertama dalam hal pendapatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

In-app-purchase

Sejatinya siapa pun dapat memainkan PUBG Mobile secara gratis. Namun seperti kebanyakan gim lainnya, gim ini menyediakan fitur in-app-purchase untuk berbagai keperluan seperti membeli season pass dan item tertentu. In-app-purchase inilah yang menjadi salah satu pendapatan perusahaan.

"Tiongkok merupakan pendorong utama pertumbuhan ini, yang telah berkontribusi hampir 30 persen dari total waktu permainan hanya dalam dua bulan," kata co-founder Sensor Tower Alex Malafeev.

Menurut Alex, kalaupun kontribusi Tiongkok tidak dihitung, "Pendapatan permainan ini masih tumbuh hampir 310 persen dibandingkan dengan tahun lalu."

 

3 dari 3 halaman

Lampaui Fortnite

Adapun PUBG Mobile versi Tiongkok, yakni Game of Peace, telah menghasilkan sekitar USD 241 juta selama dua bulan terakhir. Angka ini setara dengan sekitar 28 persen dari perkiraan total pendapatan senilai USD 860 juta di seluruh dunia.

Ini berarti bahwa pendapatan PUBG Mobile melampaui pendapatan Fortnite dan Knives Out. Keduanya masing-masing meraup USD 725 juta dan USD 771 juta.

Namun perlu digarisbawahi, pendapatan Fortnite bersumber dari iOS saja karena gim ini tidak tersedia bagi pengguna perangkat Android di Google Play.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.