Sukses

Ternyata Cuma Separuh Pengguna Spotify yang Pakai Akun Premium

Liputan6.com, Jakarta - Pelanggan berbayar Spotify kini mencapai 108 juta akun. Jumlah ini meningkat 31 persen dibandingkan tahun lalu. Demikian diuraikan pihak Spotify dalam laporan keuangan kuartal kedua perusahaan.

Jika ditilik, meskipun mengalami peningkatan, angka ini sangatlah kecil. Namun demikian Spotify patut berbangga, pasalnya dalam periode yang sama Apple Music 'hanya' memiliki 60 juta akun premium.

Mengutip laman Cnet, Jumat (2/8/2019), Spotify sebenarnya dipakai oleh 232 juta orang. Pelanggan tersebut minimal membuka aplikasi sebulan sekali.

Nilai saham Spotify sempat jatuh 5,7 persen menjadi USD 146,29 per lembarnya. Spotify mengalami kerugian yang lebih besar ketimbang yang diperkirakan.

Meskipun Spotify kini jadi aplikasi streaming musik yang paling besar, baik dari segi pendengar maupun pelanggan, di Amerika Serikat, Apple lebih menguasai pasar.

Apple sendiri menang berkat dominasi pengguna iPhone di negaranya.

2 dari 3 halaman

Diprediksi Punya 250 Juta Pengguna

Melihat adanya pertumbuhan, Spotify terus bergerak meningkatkan jumlah pengguna berbayarnya.

Layanan musik asal Swedia ini memprediksi akan punya 110-114 juta pengguna berbayar pada akhir September 2019.

Sementara, jumlah pengguna aktif bulanannya diprediksi meningkat antara 240 hingga 245 juta.

Bahkan, di akhir tahun, Spotify memprediksi jumlah pengguna bulanannya akan meningkat hingga 250 juta users.

3 dari 3 halaman

Hadirkan Layanan Spotify Light

Sebelumnya, Spotify menghadirkan versi Lite dari aplikasi music streaming-nya. 

Pasar tersebut meliputi negara-negara berkembang di Asia, Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, termasuk Brasil, Meksiko, Honduras, Filipina, dan India.

Aplikasi Lite ini dilengkapi dengan tampilan menarik, baik digunakan, serta fitur yang ringan. Walaupun, pengguna masih harus mencari musik yang ingin mereka dengar, menyimpan, dan membagikannya.

Terdapat dua pilihan bagi penikmat musik Spotify yaitu mendengarkannya secara gratis atau premium. Bukan hanya itu, mereka bisa mendengarkan musik saat jaringan internet tidak stabil.

Seperti aplikasi Lite lainnya (Facebook, Messenger, Tinder, dan lain-lain), Spotify juga mempunyai file dengan versi kecil.

Ukurannya hanya 10MB, memungkinkan pengguna menginstalnya di smartphone yang tidak memiliki ruang cukup untuk aplikasi besar. Perangkat yang menunjang aplikasi ini yaitu Android versi 4.3 atau lebih tinggi dari itu.

(Tin/Isk)

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Begini Cara Pakai Fitur Equalizer di Spotify Versi Android
Artikel Selanjutnya
Pengguna Spotify Bisa Tambahkan Podcast ke Playlist