Sukses

Sempurnakan Selfie dengan Trik Profesional ala Rio Motret

Liputan6.com, Jakarta - Selfie kini jadi kegemaran banyak pengguna smartphone di tanah air. Saat berada di tempat wisata, berkumpul bersama teman, atau kadang saat sedang berada di kafe favorit, melakukan selfie jadi aktivitas yang sering dilakukan.

Hasil selfie terbaik biasanya akan diunggah ke akun media sosial.

Fotografer profesional Indonesia Rio Motret pun memberikan sejumlah tip dan trik agar hasil selfie menjadi lebih.

Rio Motret mengatakan, selfie sangat mudah dilakukan karena perangkatnya dipegang oleh diri sendiri. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja tip selfie dari Rio Motret?

1. Orientasi Foto

Rio Motret mengatakan, sebelum mengambil foto selfie, pengguna smartphone perlu menentukan dulu orientasi foto yang ingin diambil, entah itu lanskap ataupun potret.

"Balik lagi apa yang ingin ditangkap saat selfie, apakah diri sendiri atau dengan background di belakangnya. Sebenarnya tidak ada aturan potret atau lanskap sih untuk selfie," tutur Rio Motret saat ditemui di Malang, Jawa Timur, Jumat (19/7/2019).

2. Ketahui Sudut Terbaik dari Wajah

Hal lain yang perlu diperhatikan saat berfoto selfie adalah mengetahui sudut terbaik dari wajah.

"Karena kita yang memegang sendiri perangkat, kita sendiri yang mengetahui angle wajah yang terbaik seperti apa," kata fotografer yang kerap memotret selebritas ini.

2 dari 3 halaman

3. Latar Belakang Selfie

Rio mengingatkan pentingnya latar belakang saat mengambil selfie. Menurutnya, pengguna tidak boleh hanya fokus dengan wajah, tetapi juga penting untuk memerhatikan latar belakang yang ingin ditangkap. Dengan begitu, hasil foto bisa lebih baik.

"Saat selfie jangan hanya sekadar fokus pada muka, (latar) belakang juga perlu diperhatikan. Kadang kita kalau sedang selfie, di belakang ada orang lewat, latarnya jadi kurang bagus," kata Rio Motret.

Ia pun menyarankan komposisi bagian belakang foto diperhatikan. "Misalnya ketika sedang selfie di Jepang dengan latar Gunung Fuji, kadang kita tidak memperhatikan gunungnya terpotong karena kita hanya fokus ke diri sendiri," katanya.

"Jadi memang selain wajah, background juga harus kelihatan," ujar Rio Motret.

3 dari 3 halaman

4. Perhatikan Arah Cahaya

Rio Motret menjelaskan, hal lain yang perlu diperhatikan saat mengambil foto selfie adalah arah cahaya.

"Perhatikan juga arah cahaya, misalnya cahaya matahari datang dari arah mana. Jangan membelakangi cahaya, kalau membelakangi nanti efeknya akan backlight," ujar Rio Motret.

Dia menambahkan, jika mengambil selfie berhadapan dengan arah datangnya matahari, bagian belakang awan atau langit menjadi lebih biru. Dengan begitu, cahaya pun membuat hasil foto selfie lebih bagus.

(Tin/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Potret Wanita di Media Sosial Vs Kehidupan Nyata, Bak 2 Orang Berbeda