Sukses

Facebook Messenger Bakal Kehadiran Deretan Fitur Anyar

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi chatting Facebook Messenger bakal kebagian berbagai fitur terbaru. Hal ini seperti yang diumumkan Facebook pada konferensi tahunan Facebook F8 beberapa waktu lalu.

Khusus untuk Messenger, Director Messenger Consumer Product Facebook Asha Sharma menyebut, Facebook mengembangkan komunikasi yang bersifat lebih privat di masa yang akan datang.

"Kami mengumumkan sejumlah produk dan fitur baru yang akan membantu menciptakan ikatan yang lebih dekat antara pengguna dengan pengguna, bisnis, dan para pengembang," tuturnya sebagaimana dikutip dari Facebook Newsroom, Senin (6/5/2019).

1. Lebih Ringan dan Cepat

Beberapa fitur terbaru antara lain adalah aplikasi yang lebih ringan tetapi cepat.

"Orang berharap aplikasi chatting-nya bisa lebih cepat, kami mengumumkan pembangunan ulang aplikasi Facebook Messenger yang membuatnya lebih cepat namun ringan ketimbang sebelumnya," kata Sharma.

Menurutnya, versi baru Messenger yang lebih cepat sekaligus ringan ini akan digulirkan pada 2019.

2 dari 3 halaman

Nonton Video Real-time

2. Nonton Video Berbarengan

Ke depannya, Messenger akan memungkinkan pengguna untuk menonton video dari Facebook secara bersama-sama dan real-time dengan pengguna lainnya.

"Kamu dapat berbagi video dari aplikasi Facebook ke Messenger dengan mudah. Kamu juga bisa mengundang orang lain untuk menonton bersama," tutur Sharma.

Saat ini Facebook tengah menguji fitur ini dan bakal segera meluncurkannya.

3. Aplikasi Messenger untuk Desktop

Pengguna kerap ingin mengakses aplikasi dari berbagai perangkat.

"Kami juga mengumumkan aplikasi Messenger untuk desktop. Kamu nanti bisa mengunduh aplikasi di dekstop baik Windows maupun MacOS," kata Sharma.

Pengguna nantinya juga bisa melakukan grup video call hingga mengkolaborasikan file sembari chatting di Messenger.

Saat ini aplikasi Messenger versi desktop tengah diuji coba dan bakal melenggang secara global di tahun ini.

3 dari 3 halaman

Terhubung dengan Konsumen atau Teman Dekat

4. Terhubung dengan Teman Dekat

Koneksi dengan teman terdekat memang merupakan salah satu fungsi utama Messenger. Untuk itu Facebook membuat pengguna lebih murah menemukan konten dari orang-orang terdekat.

Misalnya di Messenger, tim memperkenalkan dedicated space, di mana pengguna bisa menemukan Stories dan pesan dari teman-teman terdekat.

"Kamu dapat membagikan cuplikan dan bisa memilih siapa saja yang bisa menyaksikan apa yang kamu unggah. Fitur ini akan diluncurkan pada akhir tahun," ucapnya.

5. Koneksi Bisnis dengan Konsumen

Tak hanya untuk pengguna perorangan, Messenger juga menyiapkan koneksi antara pemilik bisnis dengan konsumennya.

Lewat Ads Manager, pemilik bisnis bisa dengan mudah menciptakan dan mengajak orang memakai fitur Q&A di Messenger untuk lebih memahami konsumennya.

"Untuk membuatnya lebih mudah dan murah, kami menghadirkan kemampuan memesan janji temu dengan bisnis seperti dealer mobil, salon, hingga layanan kebersihan," tutur Sharma.

Untuk itulah Facebook membuat pengalaman janji temu yang baru, dengan begitu orang bisa memesan janji temu lewat Messenger.

(Tin/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ada Agenda Facebook di Balik Keputusan Instagram Sembunyikan Jumlah Likes
Artikel Selanjutnya
Pengguna Bakal Bisa Transfer Foto di Facebook ke Google Photos