Sukses

Indosat Ooredoo Klaim Seluruh Kalimantan Selatan Sudah Diselimuti 4G

Liputan6.com, Banjarmasin - Indosat Ooredoo mengklaim kalau jaringan 4G miliknya sudah menyelimuti seluruh wilayah Kalimantan Selatan. Dalam hal ini, ibu kota Banjarmasin menjadi titik paling masif soal penyebaran 4G.

Ikhwan Lubis, Head of Sales Indosat Ooredoo Kalimantan dari sisi Commercial dan Sales, mengaku kalau Banjarmasin menjadi kota yang paling masif soal pembangunan jaringan. 

“Banjarmasin kalau secara pembangunan itu sekarang yang paling tinggi. Kami dulu sempat pilih beberapa kota untuk dibangun, ambillah Lampung, Banjarmasin, Medan, dan Makassar karena dirasa secara ekonomi pertumbuhannya bagus. Dan terbukti, Banjarmasin sekarang melejit,” kata Ikhwan saat konferensi pers uji jaringan Indosat Ooredoo di Banjarmasin, Kamis (25/4/2019).

Ikhwan juga mengungkap jumlah site di Banjarmasin paling banyak. Total, ada 187 site di Kalimantan Selatan.

Sementara, kalau menilik pertumbuhan bisnis Indosat Ooredoo, kota ini juga diklaim sebagai salah satu kota yang agresif dengan pertumbuhan bisnis.

“Secara bisnis, Banjarmasin itu yang porsi kontribusi revenue-nya 20-25 persen di Kalimantan. Kita ada 8 size area, dan Banjarmasin terbesar. Pelanggan kita request data biasanya 7GB, dan biasanya rate harganya Rp 75 ribu. Mereka sudah tidak lagi di level yang 1GB, 3GB, 5GB,” lanjutnya. 

 

2 dari 4 halaman

Indosat Ooredoo Gelar Uji Jaringan di Lima Kota Jelang Ramadan

Indosat Ooredoo menghelat uji jaringan (drive test) serentak di lima kota besar di Indonesia, mulai dari Padang, Solo, Banjarmasin, Makassar, hingga Malang. Tekno Liputan6.com berkesempatan mengikuti uji jaringan yang berlangsung selama dua hari di Banjarmasin pada 25-26 April 2019.

Division Head NSAS Optimization Indosat Ooredoo, Yusuf Setiawan, mengatakan tujuan dari uji jaringan Indosat Ooredoo tersebut yakni ingin mengetes kesiapan jaringan operator yang identik dengan warna merah dan kuning ini, menjelang Ramadan dan Idul Fitri di Banjarmasin yang akan dimulai pada awal Mei 2019.

"Dari grafik teknologi yang kami gunakan untuk drive test jaringan, naik di LTE dan tidak turun di jaringan 3G," ujar Yusuf dalam uji coba jaringan Indosat Ooredoo," Kamis (25/4/2019)

Ada beberapa fokus uji jaringan Indosat Ooredoo yang dilakukan, mulai dari data dan suara, 4G coverage, streaming YouTube, dan video call.

Yusuf juga mengungkap, terkait untuk kesiapan jaringan jelang Ramadan, Indosat sudah menyiapkan BTS yang dengan jumlah lebih banyak dari tahun lalu.

"Pada September 2018, jaringan 4G Plus memang sudah hadir di Banjarmasin. Kini kami pastikan semua kabupaten sudah menjangkau 4G di Kalimantan Selatan," imbuh Yusuf. 

3 dari 4 halaman

Trafik Bakal Lebih Ramai Saat Ramadan

Yusuf juga memprediksi pada Ramadan tahun ini, trafik data Indosat Ooredoo akan lebih ramai. Pihaknya juga telah merampungkan tambahan kapasitas pada Mei 2019.

"Kalau kami lihat dua minggu terakhir naiknya bisa double," imbuh Yusuf.

Adapun dirinya mengungkap kalau ada perbedaan uji jaringan kali ini dengan uji jaringan tahun lalu. Pada tahun lalu, uji coba jaringan cuma berfokus pada satu titik yang ada di satu kota.

Namun, untuk saat ini uji jaringan menyebar kelima kota yang menjadi tujuan mudik paling besar di beberapa pulau.

"Kami pisah ke beberapa wilayah di pulau-pulau besar, kalau Sumatera di Padang, Sulawesi di Makassar, Kalimantan di Banjarmasin, dan Jawa Tengah ada Solo, dan Jawa Timur di Malang. Kami memang memprioritaskan luar pulau Jawa," kata dia.

Untuk mengetahui hasil uji jaringan Indosat Ooredoo di Banjarmasin, ikuti terus laporan lengkap dari Tekno Liputan6.com.

(Jek/Isk)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: