Sukses

Pusat Pelatihan Esports Pertama di Indonesia Ada di BSD

Liputan6.com, Jakarta - Pusat pelatihan esports pertama di Indonesia dibuka di kawasan The Breeze BSD, Kabupaten Tangerang. Nantinya, arena yang digawangi NXL eSport Center itu bakal menjadi pusat pelatihan para atlet Sea Games 2019.

"Ini salah satu tempat yang kami rekomendasikan, pasti. Kan saat kami ajukan tempat, kami memilih yang punya spesifikasi khusus untuk para atlet esports," tutur Eddy Liem, Ketua IESPA (Indonesia Esports Association) saat ditemui di daerah BSD.

Sebab, untuk menentukan suatu tempat bisa jadi pusat pelatihan atlet itu, bukan didasari hanya karena komputer yang dipakai kencang. Melainkan ada hal lain yang menunjang atletnya, seperti lingkungan memadai, tidak begitu bising dan memiliki berbagai fasilitas untuk latihan fisik sang atlet.

"Mereka juga perlu latihan fisik, seperti olahraga fisik, agar saat pertandingan mereka tetap memiliki stamina prima dan fokus di jam-jam terakhir," tutur Eddy.

Sementara, Eddy menuturkan baru NXL eSport yang direkomendasikan pihaknya ke pemerintah agar dijadikan pusat pelatihan atlet esports.

 

2 dari 4 halaman

Mewadahi Para Gamers

Lalu, NXL eSport Center sendiri--menurut sang CEO yang juga pernah menjuarai ajang esport internasional, Richard Permana--adanya NXL sebenarnya hanya untuk mewadahi para gamers.

Langkah ini dilakukan sebagai wadah bagi para gamer esports, mengingat perkembangan esports saat ini cukup pesat dan menjanjikan di Indonesia.

"Kami punya fasilitas NXL dari A sampai Z akan ada di situ, mulai sejarah NXL dari 2005 sampai 2019 dan bagaimana perjuangan kami menjadi pioner esports di Indonesia," kata Richard.

Memang, fasilitas untuk para gamers digital ini sangat mumpuni. Seperti tersedianya sekitar 10 komputer dengan kursi yang nyaman, di dalam ruangan berpendingin udara dan saling berhadapan.

Lalu ada juga ruangan yang dikhususkan untuk para gamers yang asik menggunakan smartphone dalam bermain gim, lengkap dengan earphone canggih. Dan ada ruangan untuk berdiskusi mengenai strategi memenangkan gim.

 

3 dari 4 halaman

Fans Bisa Datang ke NXL eSports Center

Bukan hanya mumpuni untuk para atlet esports, para pengunjung baik itu fans, maupun gamers yang ingin merasakan bermain esports bisa datang ke NXL eSports Center.

"Memang dibuka untuk umum, silahkan yang mau coba," kata Richard.

Sementara, Sinarmas Land menunjangnya dengan jaringan internet yang di-up melebihi dari yang ada saat ini.

"Ke depannya NXL eSports Center menjadi bagian atau komunitas dari Digital Hub, makanya kami menyambut baik adanya komunitas esports di sini," tutur Irawan Harahap, Head of Digital Hub Project Sinar Mas Land.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Sandiaga Uno Ingin Gamer Esports Punya Akhlakul Karimah
Artikel Selanjutnya
5 Penyerang Wonderkid Terbaik Versi Football Manager 2019