Sukses

Huawei Berencana Jual Modem 5G kepada Apple

Liputan6.com, Jakarta - Huawei merupakan salah satu vendor yang sudah memiliki modem 5G, yakni Balong 5000. Setelah menghadirkan Mate X dengan Balong 5000 di MWC 2019, Huawei kini dilaporkan terbuka menawarkan modem itu untuk satu perusahaan lain, Apple.

Dilansir GSM Arena, Jumat (12/4/2019), informasi yang disampaikan seorang sumber tersebut dinilai sedikit aneh.

Pasalnya, Huawei pada awal tahun ini mengatakan, modem tersebut hanya akan digunakan pada produk-produk pintar di portofolio perusahaan, termasuk ponsel dan teknologi Internet of Things (IoT).

Kendati demikian, hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi. Pertama, Huawei kemungkinan tidak merasa Apple sebagai pesaing langsung ponsel Android miliknya. Alasan kedua, Apple akan menjadi konsumen yang sangat sulit ditolak.

Pihak Huawei belum menyampaikan pernyataannya terkait laporan baru ini, begitu pula dengan Apple. Apple sendiri dikenal enggan berbagi informasi mengenai produk yang belum diumumkan kepada publik.

Apple saat ini belum memiliki smartphone yang kompatibel dengan jaringan 5G. Sistem 5G milik Intel, XMM 8160, dilaporkan kecil kemungkinan akan tersedia pada iPhone terbaru tahun ini.

2 dari 3 halaman

Qualcomm dan Samsung Tak Akan Jual Modem 5G kepada Apple

Qualcomm dan Samsung dilaporkan tidak akan menyuplai modem 5G untuk Apple. Mengingat perang paten antara Apple dan Qualcomm, maka hal tersebut tidak terlalu mengejutkan.

Samsung memiliki alasan lain. Perusahaan asal Negeri Ginseng ini tidak memiliki suplai model 5G Exynos 5100 yang cukup. Jika Samung bisa meningkatkan kapasitas produksi, perusahaan bisa memiliki posisi kuat bernegosiasi soal harga dengan Apple. Namun, Apple disebut kerap menekan para penyuplai agar bisa mendapatkan margin yang lebih baik.

Sumber modem wireless Apple saat ini, Intel, belum memiliki modem 5G. Modem 5G, Intel XMM 8160, diprediksi baru siap pada 2020. Jika demikian, modem tersebut tidak akan ada pada iPhone 2019.

3 dari 3 halaman

Opsi Vendor Modem Lain

Saat ini, ada beberapa vendor lain sudah memiliki modem 5G, seperti Huawei dengan model Balong 5000. Selain itu juga ada UniSOC atau Spreadtrum juga sedang mengerjakan sebuah modem 5G, tapi belum jelas pengembangannya sejauh mana.

Mengingat berbagai pertimbangan di atas, hal ini disebut menjadi peluang bagi MediaTek, yang berusaha agar modem Helio M70 bisa mendarat di iPhone.

Namun menurut analis UBS, Timothy Arcuri, chip MediaTek belum bisa memenuhi standar Apple, dan Samsung juga merupakan pilihan yang mustahil.

Lebih buruk lagi, Arcuri dalam laporannya menyebutkan kerangka waktu Intel untuk modem 5G, akan terlambat untuk bisa hadir di dalam iPhone pada 2020.

Jika mengingat jadwal peluncuran sekali setahun, dan tidak ada suplai modem 5G, maka iPhone pertama yang kompatibel dengan 5G baru akan ada pada 2021.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Salah Masukkan Password, iPad Terkunci hingga Setengah Abad
Artikel Selanjutnya
iPhone XE Bakal Jadi Suksesor SE