Sukses

Anak Salah Masukkan Password, iPad Terkunci hingga Setengah Abad

Liputan6.com, Jakarta - Password adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan pengguna untuk melindungi perangkatnya.

Namun jangan salah kaprah, password ternyata juga bisa menjadi "bumerang" bagi pengguna.

Jika beberapa kali salah memasukkan password, perangkat akan terkunci otomatis dan membuat pengguna kalang kabut, seperti yang dialami pria satu ini.

Dilansir Ubergizmo, Selasa (9/4/2019), anak pria bernama Evan Osnos tersebut melakukan kejadian konyol yang ternyata berujung ke penyesalan besar.

Anaknya yang masih berusia tiga tahun itu bermaksud ingin bermain dengan iPad sang ayah. Namun, yang ia lakukan ternyata memasukkan kombinasi password yang salah beberapa kali, sehingga mengunci iPad hingga 48,5 tahun!

Osnos pun mengunggah foto iPad-nya yang terkunci selama nyaris setengah abad di akun Twitter-nya.

Di iPad tersebut, tertulis "iPad terkunci (tidak bisa digunakan), coba lagi buka dalam waktu 25.536.442 menit)

"Ini memang kelihatannya palsu ya, tetapi ini benar-bnear terjadi. Ini adalah iPad kami setelah buah hati tiga tahun kami mencoba untuk (membuka iPad) beberapa kali memasukkan password. Ada solusi?" tanyanya.

Beberapa pengikut Osnos sayangnya tidak memiliki solusi pasti. Bahkan, mereka menyarankan sang ayah untuk pasrah karena iPad tersebut benar-benar terkunci dan tak bisa dibuka dalam waktu 48 tahun lagi.

Osnos sendiri tidak mengungkap mengapa iPad-nya harus terkunci dalam waktu selama itu. Apple pun tidak memberikan jawaban soal musibah ini.

2 dari 3 halaman

Peneliti Temukan Cara Bobol Password di iPhone

Pengguna iPhone selalu dilindungi oleh standar keamanan Apple yang tinggi. Baru-baru ini, seorang peneliti menemukan cara membobol salah satu fitur keamanan Apple yang terdepan, yaitu dengan menjebol password.

Cara menembus password di iPhone ini diketahui pertama kali oleh peneliti dari Hacker House, sebuah firma solusi keamanan digital.

Cukup dengan memakai lightning cable (kabel data) iPhone, maka hacker dapat mengakali batas jumlah pin atau angka password yang dimasukkan ke iPhone menjadi tanpa batas, demikian lansiran ZDNet, Senin (25/6/2018).

Matthew Hickey, co-founder Hacker House, menyebut hacker dapat menginfiltrasi perlindungan iPhone lewat kabel yang disambungkan ke iPhone dan iPad.

"Ketimbang mengirim passcode satu per satu, cara ini bisa langsung mengirim seluruhnya dengan sekali jalan," jelasnya.

Hickey menyebut, dengan cara tersebut maka fitur perlindungan iPhone tidak akan berfungsi, sebab terlalu banyak input angka yang dikirim.

Sekadar informasi, apabila password iPhone sudah salah diinput selama 10 kali, maka seluruh data akan terhapus dan smartphone akan tersegel. Bila ini terjadi, pengguna maka harus melakukan factory reset.

Pihak Apple sendiri menganggap tes yang dilakukan Hickey tidak benar. Ia mengakui, tes yang dilakukan memang belum sepenuhnya sempurna.

Bagi para pengguna setia produk Apple, perusahaan rinitsan Steve Jobs ini memang terkenal langsung melakukan perbaikan setelah ditemukannya kelemahan di sistem iPhone, iPad, atau macOS.

3 dari 3 halaman

Kasus iPhone Terkunci

Kasus iPhone 'tersegel' karena salah password sebelumnya pernah terjadi Maret lalu di Tiongkok.

Mengutip laman Ubergizmo, media Tiongkok melaporkan ibu bernama Lu menyatakan, mulanya ia meminjamkan iPhone kepada anaknya untuk menonton video edukasi.

Begitu saat pulang ke rumah, ia menemukan iPhone miliknya terkunci selama 25 juta menit atau sekitar 47 tahun.

Rupanya hal ini terjadi karena sang anak terus-menerus memasukkan kode untuk membuka kunci iPhone tetapi gagal. Aljasil, iPhone miliknya terkunci hingga 25 juta menit.

Diketahui, sang ibu membeli iPhone tersebut di Shanghai. Menurut seorang teknisi bernama Wei Chunlong, hanya ada dua opsi untuk membuka iPhone tersebut, menunggu 47 tahun lagi atau dengan cara factory reset iPhone dengan konsekuensi data-data di dalamnya bakal hilang.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Punya 3 Kamera, Begini Meme Kocak iPhone 11 Buatan Warganet
Artikel Selanjutnya
Usai Umumkan Perangkat Baru, Apple Pangkas Harga iPad Pro 1TB