Sukses

Apple Berusaha Bikin Harga iPhone Lebih Murah

Liputan6.com, Jakarta - Apple dilaporkan akan lebih fokus mengembangkan berbagai produk agar bisa dijual harga lebih terjangkau. Oleh sebab itu, Apple tengah mencari cara agar bisa merealisasikan rencananya itu.

Dilansir Softpedia, Rabu (6/6/2018), Apple sedang berusaha agar bisa mengurangi harga jual dengan memangkas ongkos produksi. Di sisi lain, perusahaan juga berusaha untuk tetap bisa mempertahankan margin keuntungan yang sama.

Salah satu metode yang dilirik adalah mendiskusikan kembali harga berbagai komponen non-kunci dengan para penyuplai.

Sebuah laporan dari Digitimes mengindikasikan Apple telah menyampaikan keinginannya dengan para mitranya, termasuk agar harga skrup, serta berbagai bagian logam dan plastik untuk MacBook baru bisa dipangkas.

Apple menyampaikan hal tersebut kepada para penyuplai komponen produknya dalam sebuah pertemuan pada akhir Mei 2018 di kantor pusatnya. Menurut sumber, pemangkasan harga bisa berimbas pada keuntungan perusahaan-perusahaan tersebut sebesar 15 persen.

Pihak Apple sendiri belum memberikan komentar terkait rencana ini. Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu dikenal pelit bicara soal berbagai rencana dan produk yang sedang disiapkan.

1 dari 2 halaman

Deretan Produk Apple Harga Terjangkau

Mengurangi biaya produksi dinilai bisa menjadi cara tepat untuk membuat harga produk Apple menjadi lebih terjangkau.

Apple selama ini dikenal dengan berbagai produk premium berharga tinggi. iPhone X yang dirilis pada tahun lalu, misalnya, dijual dengan harga mulai dari US$ 999.

Lebih lanjut, ini merupakan kali pertama Apple berencana melakukan negosiasi harga secara langsung untuk berbagai komponen non-kunci. Sebelumnya, semua pembelian merupakan tanggung jawab para mitra penyuplai yang dikontrak.

Apple dilaporkan akan menyiapkan iPhone dengan harga lebih terjangkau, yang kemungkinan dirilis paling cepat pada akhir tahun ini. Perangkat tersebut akan memiliki layar LCD berukuran 6,1 inci, fitur Face ID dan panel edge-to-edge, tapi tanpa 3D Touch dan bodi kaca.

Selain itu, MacBook dengan harga lebih murah juga diyakini sedang disiapkan. Sayangnya, informasi mengenai perangkat ini belum banyak.

MacBook 13 inci ini diprediksi akan hadir pada kuartal II 2018 dengan spesifikasi lebih rendah, tapi diposisikan sebagai pengganti MacBook Air.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Saingi Samsung AR Emoji, Apple Pamer Memoji
Artikel Selanjutnya
Apple Watch Bakal Bisa Digunakan Sebagai Walkie Talkie