Sukses

Menkominfo Pantau Pembangunan Palapa Ring Timur di Ende

Rudiantara bertandang ke Ende, yang salah satu tujuannya untuk melihat perkembangan pembangunan Palapa Ring Timur yang pengembangannya sudah lebih dari 94 persen.

Liputan6.com, Ende - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, bertandang ke Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (25/3/2019). Kunjungan ini sekaligus untuk melihat perkembangan pembangunan Palapa Ring Timur, yang pengembangannya sudah lebih dari 94 persen.

Rudiantara mengatakan, Ende merupakan wilayah Indonesia Timur yang menjadi prioritas pemerintah dalam membangun Palapa Ring. Hal ini tak lepas dari sejarah Ende yang memiliki ikatan historis kuat dengan Bapak Pendiri Bangsa, Soekarno.

Pembangunan Palapa Ring pun diyakini akan membuat Indonesia menjadi "merdeka sinyal". Palapa Ring merupakan proyek pembangunan jaringan serat optik agar seluruh wilayah Indonesia bisa mendapatkan akses internet.

"Tahun ini kita akan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Namun kita tahu kalau urusan sinyal, kita belum merdeka. Kami yakin dengan Palapa Ring, visi itu bisa terealisasi," kata Rudiantara di hadapan masyarakat Ende, Senin (25/03/2019).

Saat ini, menurut Rudiantara, masyarakat Indonesia di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya, bisa menikmati kecepatan 4G sampai dengan 7 Megabits per second (Mbps). Sementara itu di Papua, Maluku, bahkan NTT, yang kecepatannya rata-rata masih 300 Kilobits per second (Kbps).

"Inilah yang saya sebutkan sesuatu hal yang tidak sesuai (tidak adanya pemerataan), karena mendapatkan akses internet adalah hak segala warga negara Indonesia, dimanapun dia berada," sambungnya.

Oleh karena itu, Rudiantara mengatakan, kedepannya tidak ada lagi perbedaan akses kecepatan internet bagi warga yang tinggal di Jakarta dengan yang ada di wilayah Timur Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Optimistis Semua Dapat Akses Internet

Meski Indonesia dalam sisi pembangunan infrastruktur digital masih tertinggal dari negara tetangga di ASEAN, Rudiantara memastikan semua kota dan kabupaten akan terhubung dengan akses internet. Salah satu tantangan pembangunan akses internet ini adalah kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Alhamdulillah, dari mulai 2015 kami canangkan bahwa semua kabupaten dan kota di seluruh Indonesia harus terhubung dengan jaringan tulang punggung internet kecepatan tinggi," ungkap Rudiantara.

Rudiantara pun menargetkan pembangunan Palapa Ring Timur akan selesai pada pertengahan 2019.

"Saya sangat sering bepergian mengunjungi daerah-daerah di wilayah Timur Indonesia karena ingin secepatnya dibangun, Insya Allah pertengahan tahun 2019 ini pembangunan (Palapa Ring) di Timur terutama di Papua dan Papua Barat akan selesai," tuturnya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.