Sukses

Head to Head Spesifikasi Honor 10 dan Iphone X, Mana yang Lebih Unggul?

Liputan6.com, Jakarta Menyasar pengguna generasi muda, Honor 10 memiliki beragam teknologi dan fitur unggulan dikelasnya, khususnya pada kategori desain, body, performa, kamera dan baterai. Bahkan secara umum kualitas Honor 10 tak kalah premium dengan iPhone X yang harganya dua kali lipat lebih mahal.

Kira-kira mana ya yang lebih unggul dan cocok untuk generasi muda masa kini, Honor 10 atau iPhone X? Inilah perbandingan spesifikasi Honor 10 dan iPhone X.

Desain

Honor 10 memiliki desain bodi kaca dengan bobot 153 g. lebih ringan ketimbang iPhone X berbodi metal yang bobotnya 174 g. Padahal dari segi bodi, Honor 10 memiliki dimensi lebih besar dengan dual SIM ketimbang iPhone X yang single SIM. Dari sisi desain, Honor 10 punya keunikan yang tidak dimiliki iPhone X.

Desain bodi kaca Honor 10 memiliki 15 lapisan dibagian belakang, memancarkan warna-warna dari setiap sudut dan memungkinkan cahaya alami untuk mencerminkan nuansa warna yang berbeda. Dengan semangat sejarah seni dan dunia digital, Honor 10 membawa kombinasi warna yang menakjubkan kepada konsumen. Phantom Blue, Phantom Green, Midnight Black, dan Glacier Grey. Sementara iPhone X hanya memiliki dua warna Space Grey dan Silver yang tidak berbeda jauh dengan seri-seri iPhone sebelumnya.

Layar

Honor 10 memiliki layar IPC LCD, FullView HD + 5,84 inci yang dilengkapi layar 19:9 tanpa bingkai dan rasio layar ke bodi 86%, mengusung kamera depan mini dan mikrofon khusus, dengan sudut membulat dan desain antena depan, sangat sempurna untuk digenggam dalam satu tangan. Sedangkan iPhone X memiliki layar type Amoled dengan size, resolusi dan rasio yang hampir sama. Layar iPhone X 19.5:9 tanpa bingkai dan rasio layar ke bodi 82,9 persen.

Performa

Honor 10 sudah menggunakan OS Android 8.1 dilengkapi chipset Hisilicon Kirin 970 dan CPU Octa-core 4x2,4 GHz dan 4x1.8 GHx plus GPU Mali-G72 MP12. Sementara iPhone X memakai IOS 11 dan CPU Hexa-core 2.39 HGZ. Dari segi Memory, Honor 10 memiliki dua varian berbeda yakni RAM 4GB/64 GB dan 6GB/ 128 GB sedangkan iPhone X hanya memiliki 1 varian RAM yakni 3 GB dengan dua pilihan ROM 64GB dan 256 GB.

Honor 10 ini menawarkan teknologi terdepan untuk ponsel pintar yaitu GPU Turbo, kepada para pengguna. GPU Turbo adalah penggabungan perangkat keras dan lunak yang memberikan akselerasi dramatis dalam pemrosesan grafis, yang secara fundamental dapat meningkatkan sistem operasi dan menambah waktu penggunaan baterai, sehingga dapat mengoptimalkan pengalaman bermain mobile game secara keseluruhan.

GPU Turbo merupakan teknologi pelopor yang menyoroti performa chipset ponsel pintar, meningkatkan kinerja ponsel pintar untuk dua area spesifik: kualitas pemrosesan grafis dan konsumsi daya. 

Efisiensi pemrosesan grafis pada Honor 10 meningkat secara dramatis sebesar 60%, mencapai frame rate yang hampir penuh serta dapat mempertahankan kinerja grafis yang stabil selama bermain game. Hasil pengujian in-game dari Game Bench menunjukkan bahwa Honor 10 memiliki nilai frame rata-rata yang lebih tinggi serta tingkat jitter yang lebih rendah ketika dibandingkan dengan iPhone X.

Honor 10 memberikan pengalaman mobile gaming yang lebih stabil dan lebih lancar. Sinergi antara penggabungan perangkat keras dan lunak menghasilkan kinerja yang super cepat dan sangat mengurangi konsumsi daya pada Honor 10 sebesar 30%. Masa pakai baterai Honor 10 menjadi lebih lama dan hal ini memungkinkan pengguna untuk menikmati hiburan selama 24/7, baik itu untuk bermain game atau streaming acara TV dan menikmati film kesukaan.

Kamera

Dari segi kamera, Honor 10 memiliki megapiksel yang lebih besar ketimbang iPhone X pada dua fitur kameranya. Honor 10 dilengkapi kamera belakang ganda 24MP bukaan lensa f/1.8 dan 16MP, f/1.8 dengan fitur 2x zoom dan single LED flash. Kamera depan Honor 10 berukuran 24MP bukaan lensa f/2.0. Sementara iPhone X, kamera belakang ganda hanya berukuran 12MP dengan bukaan lensa f/1,8 dan 12MP, f/2.4 juga dengan 2x zoom namun dengan quad LED Flash.

Menariknya, Honor 10 menghadirkan teknologi AI terdepan yang digunakan untuk fitur fotografi. Teknologi AI di Honor 10 mengenali 500+ skenario dalam 22 kategori secara real-time, dan menerapkan parameter spesifik adegan ke setiap foto, bekerja seperti DSLR profesional.

Dengan aplikasi real- time scene dan pengenalan objek dan parameter, Honor 10 akan membuat makanan yang difoto terlihat lebih menggiurkan. Bersama dengan pengenalan real-time dan aplikasi parameter yang membantu membuat gambar potret menjadi tajam dan jernih, efek bokeh alami dan efek warna kulit meningkatkan kualitas potret fotografi seperti foto profesional.

Foto grup dengan Honor 10 akhirnya menjadi aktual daripada "swafoto dengan grup dalam latar belakang buram". Pengenal wajah yang canggih dan tepat memastikan bokeh yang akurat, dan memberikan detail wajah setiap orang dalam foto grup yang diambil oleh kamera depannya. Honor 10 menawarkan lebih banyak pilihan dan kenyamanan yang lebih baik dalam fungsi Kamera. Ponsel ini memiliki fitur 'Kontrol Gerak Tangan' dan 'Suara' pada swafoto agar kamu dapat mengabadikan momen dan keseruanmu secara real-time.

Dengan kemampuan luar biasa dalam algoritma AI, Honor 10 mengungguli pemain industri secara signifikan, yang dibangun di SnapDragon 845 dan Apple A11 Bionic, terutama untuk pengenalan gambar.

Face Unlock

Tak hanya iPhone X yang memiliki teknologi canggih face unlock, Honor 10 ini juga memiliki fungsi ultra-fast face unlock, agar pengguna dapat membuka ponsel dengan mudah saat ingin menggunakan ponselnya. Kamera depan mendeteksi wajah pengguna tanpa blind spot, tidak peduli bagaimana kamu memegang ponsel dalam lanskap, potret atau di sudut manapun. Ini terbuka dalam 0,064 detik. Fitur Face Unlock dapat secara efektif mencegah perangkat dibuka kuncinya, yaitu saat mata pengguna ditutup.

Selain itu, Honor 10 mewujudkan sensor sidik jari ultrasonik front-place pertama di bawah kaca, menciptakan unibody yang benar-benar mulus. Sensor sidik jari ultrasonik juga memberikan pengalaman membuka kunci yang jauh lebih stabil bagi pengguna, bahkan jika tangan pengguna sedang dalam keadaan basah dan berminyak.

Perangkat Keras

Honor 10 memiliki sejumlah keunggulan lain dibandingkan iPhone X, beberapa di antaranya ialah headphone jack, slot kartu microSD, dan slot SIM ganda. Honor 10 juga tampil lebih unggul daripada iPhone X dalam kapasitas baterai. Honor 10 memiliki kapasitas baterai 3.400 mAh sedangkan iPhone X hanya memiliki kapasitas baterai 2.716 mAh.

Honor 10 juga dilengkapi dengan teknologi Fast Charging yang memungkinkan pengisian daya dari 0 naik hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit waktu pengisian. Melihat spesifikasi di atas dan harga Honor 10 yang dibanderol dengan harga Rp 7 juta dibanding Iphone yang harganya Rp 13 jutaan untuk seri terendah, tentunya Honor 10 bisa jadi pilihan menarik bukan?

 

(*)

 

Ngeri, Pertarungan Hebat Dua Komodo di Pulau Rinca

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Bocoran Desain Motorola P40 Hadirkan Lubang di Layar untuk Kamera Selfie
Artikel Selanjutnya
Ini Cara Rayakan Malam Tahun Baru Bagi Para Jomblo