Sukses

Bukalapak Perkuat Sistem IT Jelang Harbolnas 12.12

Secara teknis, peningkatan trafik ini bila tak di-backup dengan sistem yang baik, tidak menutup kemungkinan situs apapun akan 'tumbang'.

Liputan6.com, Jakarta - Co-Founder & President Bukalapak, Fajrin Rasyid, menjamin kalau nantinya saat Hari Belanja Online (Harbolnas) 12.12 berlangsung, perusahaan besutannya ini tak akan tumbang.

Maklum, saking banyaknya promo yang disediakan Bukalapak saat Harbolnas nanti, diperkirakan akan berdampak terhadap peningkatan trafik situs belanja online itu.

Secara teknis, peningkatan trafik ini bila tak di-backup dengan sistem yang baik, tidak menutup kemungkinan situs apapun akan 'tumbang'.

Menurut Fajrin, Bukalapak telah mempersiapkan matang-matang momen Harbolnas ini juga dari sisi teknisnya. Sejak beberapa bulan belakangan, persiapan seperti penambahan cadangan server telah dilakukan.

"Dari sisi teknis, kami telah melakukan persiapan itu sejak beberapa bulan terakhir. Seperti cadangan server. Jadi ketika ada lonjakan trafik kami sudah bisa mengantisipasinya," jelasnya saat acara konferensi pers After .11 Harbolnasnya Bukalapak di Jakarta, Senin (10/12/2018).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Risiko

Selain itu, dilanjutkannya, Bukalapak telah telah menghentikan sementara pengembangan fitur-fitur terbaru.

Dengan langkah ini, diharapkan dapat mengurangi risiko adanya gangguan seperti tak bisa diaksesnya situs.

"Ini dapat mengurangi risiko adanya gangguan lain," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Target Harbolnas 12.12

Bukalapak menargetkan Harbolnas di tahun ini, mampu mengantongi jumlah nilai transaksi sebesar Rp 1,6 triliun atau adanya peningkatan 4 kali lipat dibandingkan dari tahun sebelumnya.

Pada 2017, Bukalapak mampu menembus nilai transaksi sebanyak Rp 400 miliar. Angka tersebut, diakui Fajrin, mampu tercapai saat Harbolnas kemarin.

"Kami optimis di tahun ini, target transaksi Rp 1,6 triliun bisa tercapai," katanya. 

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.