Sukses

Unduhan Aplikasi di Play Store Tertunda? Ini Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Android pasti sudah tidak asing dengan Play Store. Alasannya, Play Store merupakan toko yang menyediakan beragam aplikasi untuk sistem operasi robot hijau tersebut.

Meski didesain sebagai toko utama, tak jarang pengguna Android masih mengalami masalah saat mengunduh aplikasi. Salah satu yang kerap ditemui adalah unduhan yang tertunda.

Masalah ini memang tidak mengganggu performa, tapi terkadang menjengkelkan. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi unduhan yang tertunda di Play Store, simak solusinya berikut ini.

1. Ubah Pengaturan Koneksi Internet

Kadang, masalah utama dari proses download yang tertunda di Play Store adalah soal jaringan. Tidak hanya data seluler, jaringan Wi-Fi yang jadi andalan, ternyata dapat menjadi penyebab utama.

Untuk itu, kamu dapat beralih jaringan ke data seluler, alih-alih mengandalkan Wi-Fi. Namun perlu diingat, cara ini tentu akan menyedot kuota internet milikmu.

2 dari 3 halaman

2. Bersihkan Cache di Google Play Store

Cara lain yang dapat dilakukan menghapus cache di Google Play Store. Hal ini penting karena cache tak jarang dapat mempengaruhi kinerja perangkat.

Karenanya, kamu dapat mulai pergi ke menu Settings dan pilih My Apps. Setelah itu, pilih Google Play Store, buka Storage, dan klik Clean Cache.

3. Update Play Store Terbaru

Masalah yang juga kadang terjadi adalah versi Play Store milikmu sudah lawas. Karenanya, kamu perlu memperbaruinya.

Caranya, kamu buka menu Settings yang ada di Play Store. Lalu, geser ke bawah hingga menemukan Play Store Version. Setelah itu, ketuk beberapa kali untuk memperbaruinya.

3 dari 3 halaman

4. Cek Kapasitas Memori Internal

Penyebab lain ada unduhan yang tertunda adalah memori internal yang tinggal sedikit. Satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah menghapus aplikasi atau data yang tidak terpakai.

5. Pasang Ulang Google Play Store dan Reset Android

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan adalah memasang ulang Google Play Store yang ada perangkatmu.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan mengatur ulang (reset) Android di perangkat. Namun perlu diingat, cara ini dapat menghapus data yang ada di perangkatmu.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Realme XT, Smartphone Kamera 64MP Bakal Dijual Rp 3 Jutaan di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Waspada, Hapus 15 Aplikasi Android Berbahaya Ini dari Perangkat Kamu