Sukses

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V5, Smartphone untuk Perfect Selfie

Liputan6.com, Jakarta Vivo adalah salah satu perusahaan elektronik smartphone yang akhir-akhir ini banyak dielu-elukan masyarakat. Vivo merupakan perusaaan teknologi asal China, yang merupakan anak perusahaan dari BBK Electronics. Vivo didirikan pada 2009. Vivo masuk ke pasar India, Thailand, Malaysia, Indonesia, Vietnam, Myanmar, dan Filipina dengan produk Vivo V series. Termasuk Vivo V5 yang rilis pada November 2016.

Hebatnya, meski baru seumur jagung Vivo berhasil menggeser beberapa vendor top dunia yang memiliki umur lebih tua dibandingnya. Bagaimana tidak, Vivo berdedikasi tinggi pada setiap peluncuran produk baru. Hal ini terpancar dalam bentuk promosinya yang besar-besaran. Di setiap peluncuran produk baru Vivo, iklan secara masif akan bisa dilihat di mana-mana. Hal ini merupakan strategi utama Vivo untuk menanamkan daya ingat konsumen terhadap merek Vivo.

Selain faktor promosi, kualitas ponsel pabrikan vendor asal China ini juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Terutama pada sektor kamera. Seperti yang disematkan pada Vivo V5. Mengusung tagline Perfect Selfie, ponsel ini memiliki teknologi kamera depan yang canggih serta dilengkapi fitur-fitur yang mumpuni. Namun di balik kelebihannya, kekurangan Vivo V5 pun tak bisa disangkal begitu saja.

Hadir sebagai smartphone kekinian, kekurangan Vivo V5 ternyata juga cukup menganggu. Penasaran apa kelebihan dan kekurangan vivo V5? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, spesifikasi lengkap serta kelebihan dan kekurangan Vivo V5, Selasa (27/11/2018).

2 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Vivo V5 dari sektor desain dan tampilan

Vivo V5 hadir dengan tampilan yang mewah dan elegan. Selain itu ponsel ini hadir dengan warna yang saat ini sedang ngetren yakni gold, rose gold dan grey. Smartphone ini memiliki layar 5.5 inci beresolusi 720 x 1280 yang sudah dilengkapi pelindung layar Gorilla Glass dan layar 2.5D yang meningkatkan aspek kelebihan Vivo V5.

Namun, kekurangan Vivo V5 dari segi ini adalah penggunaan materialnya. Meski tampak seperti metal, kenyataanya bodi ponsel ini terbuat dari plastik. Tentu saja penggunaan material ini membuat Vivo V5 tak sekokoh ponsel yang terbuat dari metal.

Selain itu dari segi layarnya, kekurangan Vivo V5 adalah resolusinya hanya sebatas 720 x 1280. Resolusi tersebut dirasa masih terlalu kecil untuk ukuran layar 5,5 inci.

3 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Vivo V5 dari sektor kamera

Dari segi fotografi, kelebihan Vivo V5 cukup menonjol. Pasalnya, smartphone yang satu ini memiliki kamera depan 20 MP pertama di Indonesia bahkan dunia dan mengusung tagline 'Perfect Selfie'. Pada kamera depannya telah menggunakan sensor Sony IMX 376 (1/2.78-inch), aperture f/2.0, dan lensa 5P.

Untuk memperkuat kemampuan kamera depannya, Vivo V5 disematkan beberapa fitur menarik, seperti Face Beauty 6.0, Voice Shutter, Touch Capture, Palm, Timer, Gender Detection, Filter, dan Watermark. Tak ketinggalan, Moonlight di bagian depan memberikan efek selfie layaknya sedang berada di studio profesional dan jelas menjadi kelebihan smartphone ini. Melihat spesifikasi yang disematkan pada teknologi kamera depannya, tidak dijumpai adanya kekurangan Vivo V5 pada sektor ini.

Selain itu, ponsel ini juga hadir dengan kamera belakang beresolusi 13 MP dan sudah dilengkapi LED Flash serta PDAF (Phase Detection Auto Focus). Sensor tersebut dirasa biasa saja, karena banyak smartphone yang sudah menggunakan kamera belakang dengan resolusi yang lebih tinggi. Resolusi yang nanggung pada kamera belakang ini bisa saja menjadi salah satu kekurangan Vivo V5.

4 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Vivo V5 dari sektor performa

Selain dilengkapi beragam fitur menarik pada kamera, Vivo V5 memiliki spesifikasi hardware yang terbilang sedang dengan menggunakan prosesor MediaTek 6750 Octa-core 64bit Cortex-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz, RAM 4 GB dan penyimpanan internal yang berkapasitas 32 GB. Dengan kombinasi ini membuat Vivo V5 dapat berjalan dengan lancar dan mulus.

Ponsel ini menawarkan bisa ekspansi memori dengan mengunakan microSD hingga 256 GB. Sayangnya, kekurangan Vivo V5 dari segi ini adalah slot microSD tersebut berada di slot kartu SIM kedua. Artinya, jika pengguna ingin menggunakan microSD maka ia harus mengorbakan SIM keduanya. Begitu juga sebaliknya.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan kekurangan Vivo V5 dari sektor fitur pendukung

Vivo memiliki kelebihan pada kualitas audionya yang jernih berkat teknologi audio Hi-Fi yang dibawanya. Vivo menyematkan AK4376 Hi-Fi Audio Chip pada Vivo V5 yang dapat membuat suara musik maupun video yang dikeluarkan menjadi jernih dan halus.

Mengikuti tren masa kini, Vivo V5 telah hadir juga dengan sensor fingerprint yang dibenamkan pada tombol Home. Dengan adanya sensor ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci smartphone hanya dengan menempelkan jarinya pada smartphone. Vivo mengklaim bahwa sidik jari dapat dideteksi smartphone hanya dalam waktu 0,2 detik saja.

Kekurangan Vivo V5 dari sisi ini terletak pada absennya sensor gyroscope. Padahal fitur Gyroscope saat ini selalu hadir pada smartphone kekinian yang digunakan untuk menjalankan aplikasi berbasis VR Virtual Reality.

Sisi kekurangan Vivo V5 lainnya adalah kecilnya kapasitas baterai, yakni hanya 3.000 mAH. Dengan RAM 4GB dan prosesor 64 bit, diyakini akan cepat menguras baterai. Selain itu kekurangan Vivo V5 pada sektor baterai selanjutnya adalah tidak adanya fitur fast charging untuk mengisi daya super cepat.

Nah, itu tadi kelebihan dan kekurangan Vivo V5. Jika anda membutuhkan smartphone dengan kamera depan yang mumpuni, Vivo V5 ini bisa menjadi pilihan. Apalagi harganya tak menguras kantong.

Loading
Artikel Selanjutnya
Vivo Kampanyekan V11 Pro Indonesia Juara untuk Dukung Timnas di Piala AFF 2018
Artikel Selanjutnya
Harga Vivo V5s Terbaru dan Second di Indonesia, Smartphone dengan Kamera Selfie 20 MP