Sukses

Barang-Barang Pribadi Stephen Hawking Dilelang Miliaran Rupiah

Liputan6.com, Jakarta - Barang-barang pribadi milik fisikawan Stephen Hawking dilelang seharga ratusan ribu dolar AS di rumah lelang Christie, baru-baru ini.

Di antara barang-barang yang dilelang, ada kursi roda kulit bermotif merah hingga salinan disertasi doktoral miliknya yang berjudul Properties of Expanding Universes. Ini adalah satu dari lima salinan yang diketahui.

Masing-masing dijual seharga US$ 387.402 (setara Rp 5,6 miliar) dan US$ 763.381 (setara Rp 11,1 miliar). Demikian sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmodo, Senin (12/11/2018).

Barang-barang tersebut adalah sebagian dari barang pribadi milik Stephen Hawking yang dilelang di rumah lelang Christie "On the Shoulders of Giants", yang berlangsung 31 Oktober hingga 8 November 2018.

Tidak hanya kursi roda dan laporan disertasi doktoral, sejumlah dokumen tulisan tangan dari Isaac Newton, Charles Darwin, dan Albert Einstein turut dilelang di sana.

Masih milik Stephen Hawking, sebuah salinan buku berjudul A Brief History of Time yang ditandatangani dan diberi cap jempol ikut dilelang juga dengan harga US$ 89.751 (setara Rp 1,3 miliar).

Ada juga jaket bomber yang laku seharga US$ 52.219 (setara Rp 765 juta) dan koleksi medali dan penghargaan miliknya yang terjual US$ 387.402 (sekitar Rp 5,6 miliar).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Mengagumkan Hawking

Bukan hanya itu, skrip asli yang diproduksi dan ditampilkan di The Simpsons dijual US$ 8.157 (setara Rp 119 jutaan).

Sementara, undangan acara Reception for Time Travellers dijual US$ 14.685 (setara Rp 215 jutaan).

Head of the Books and Manuscripts Department di Christie Thomas Venning mengatakan, Stephen Hawking merupakan pribadi yang sangat besar di seluruh dunia.

"Dia memiliki kemampuan sangat mengagumkan untuk terhubung dengan orang lain," kata Venning.

3 dari 3 halaman

Kata Anak Stephen Hawking

Venning mengatakan, kursi roda milik Hawkings merupakan salah satu kursi roda paling awal yang dia gunakan setelah di diagnosis dengan amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

Kursi roda ini terjual dengan harga 20 kali lipat ketimbang harga yang diharapkan sebelum lelang. Penjualannya pun akan menguntungkan baik bagi Hawking Foundation maupun Asosiasi Penyakit Motor Neurone.

The Guardian mengungkap kalau putri Hawking, Luc mengakui lelang tersebut merupakan kesempatan bagi pengagum untuk mendapatkan kenang-kenangan dari Hawking.

"Ini jadi kesempatan bagi para pengagumnya untuk mendapatkan kenang-kenangan dari kehidupan luar biasa ayah kami, dalam bentuk item-item kecil yang mengunggah dan menarik," tuturnya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.