Sukses

Bocoran Terungkap, Begini Bentuk Smartphone Nokia dengan Lima Kamera Utama

Liputan6.com, Jakarta - Desas-desus soal Nokia 9 yang hadir dengan lima kamera, kembali muncul. Kali ini, giliran render smartphone tersebut yang bocor di internet.

Bocoran mengenai smartphone ini pertama kali diunggah oleh OnLeaks dan 91Mobiles. Dalam unggahan tersebut, wajah utuh Nokia 9 diperlihatkan dengan jelas.

Dikutip dari Android Authority, Rabu (7/11/2018), tampilan ini juga menunjukkan lima kamera utama yang disebut-sebut akan diusung oleh Nokia.

Secara garis besar, tampilan ini mirip dengan bocoran gambar Nokia 9 yang sebelumnya sempat beredar. Selain lima lensa, disematkan pula LED flash dan sensor hitam misterius di belakang bodi.

Tampilan render Nokia 9 yang baru saja beredar di internet (sumber: 91mobiles)

Hingga saat ini, belum ada informasi soal fungsi dari kamera-kamera tersebut. Namun, jika  menilik kebanyakan lensa kamera smartphone yang ada sekarang, tiga dari lima tersebut merupakan lensa standar, telephoto, dan super wide angle.

Sementara, dua lensa lain kemungkinan besar merupakan lensa monokrom atau sensor depth field. Dalam laporan terbaru, kode nama smartphone ini juga berhasil terungkap.

Data terbaru yang diketahui dari situs resmi HMD Global, Nokia 9 Pureview dikenal dengan nama 'Olympic'. Penamaan ini diperkirakan terinspirasi simbol Olimpiade yanng terdiri dari lima cincin serupa dengan jumlah kamera Nokia 9.

Sebagai tambahan, flagship smartphone tersebut akan menjalankan Android 9 Pie lengkap dengan patch keamanan bulan November.

Kabarnya, Nokia 9 akan diperkenalkan akhir tahun ini, tetapi HMD memutuskan untuk menundanya hingga awal 2019.

2 dari 3 halaman

Bukan Tugas Mudah

Bukan tugas mudah bagi HMD Global untuk menciptakan lima lensa kamera sekaligus ke dalam satu smartphone.

Karena itu, mereka juga akan menggandeng pusat riset dan pengembangan Foxconn demi memantapkan konsep ini.

Bahkan, HMD Global juga disebut telah menciptakan purwarupa smartphone teranyar Nokia tersebut. Jika lancar, tahap produksi smartphone yang dilakukan Foxconn baru bisa dimulai.

3 dari 3 halaman

Samsung Tak Sengaja Ungkap Keberadaan Nokia 9

Meski belum ada informasi pasti, Samsung ternyata sudah menyadari keberadaan Nokia 9. Entah disengaja atau tidak, Samsung menyertakan Nokia 9 dalam salah satu opsi trade-in bagi para konsumennya.

Meski belum ada informasi pasti, Samsung ternyata sudah menyadari keberadaan smartphone ini. Entah disengaja atau tidak, Samsung menyertakan Nokia 9 dalam salah satu opsi trade-in bagi para konsumennya.

Dikutip dari Phone Arena, Samsung menyertakan Nokia 9 sebagai daftar perangkat yang dapat ditukar tambah dengan smartphone besutan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Adapun kehadiran smartphone itu diketahui dari program yang digelar di situs Samsung Latvia dan Estonia. Hingga sekarang belum dapat diketahui mengapa Samsung menyertakan Nokia 9, mengingat perangkat itu sebenarnya belum dirilis.

Terlepas dari hal tersebut, sebenarnya pola smartphone Nokia memang mudah ditebak, sehingga dapat diprediksi nama dari model selanjutnya. Kendati demikian, masih perlu menunggu pengumuman resmi dari HMD Global terkait kehadiran smartphone ini.

Sekadar informasi, Nokia 9 sendiri dipastikan masih akan menjadi model premium dari HMD Global untuk tahun ini. Perangkat ini akan memiliki kemampuan lebih baik ketimbang Nokia 8 Sirocco.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Nokia 9 PureView Bakal Jadi Flagship Baru HMD?
Artikel Selanjutnya
HMD Global Tunda Peluncuran Nokia 9 hingga Tahun Depan, Kenapa?