Sukses

Smartphone Oppo Berhasil Terkoneksi ke 5G

Liputan6.com, Jakarta - Oppo tampaknya akan menjadi vendor pertama yang merilis smartphone 5G. Pasalnya, perusahaan Tiongkok ini bethasil melakukan pengujian jaringan internet generasi paling baru, yakni 5G.

Dalam pengujian, untuk pertama kalinya Oppo mampu menghubungkan salah satu perangkatnya ke jaringan 5G. Dengan kehadiran smartphone 5G, salah satu rintangan dalam penerapannya adalah perangkat bisa teratasi dan membuat 5G jadi mungkin dikomersialkan pada 2019.

"Oppo telah berhasil membuat koneksi antara terminal smartphone R15 dan jaringan 5G dalam lingkungan laboratorium protokol komunikasi 5G," demikian pernyataan Oppo sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Tech Radar, Jumat (2/11/2018).

Lebih lanjut, Oppo menyebutkan, koneksi dilakukan pada smartphone 5G yang telah tersedia secara komersial, Oppo R15. Perangkat ini kemudian dimodifikasi agar bisa menghantarkan jaringan 5G.

"Perangkat ini telah dikustomisasi agar terintegrasi dengan komponen-komponen yang mendukung 5G, antara lain Systemboard, RF, RFFE, dan antena. 5G logo juga muncul di bagian kanan atas layar," kata Oppo.

Tampaknya, Oppo tengah menekankan kontribusinya pada standar 5G dan terus berupaya pada riset dan pengembangan dengan Oppo Research Institute dengan mengeksplorasi aplikasi 5G di bidang 3D, virtual reality, dan augmented reality.

Oppo percaya, nantinya 5G bisa diterapkan lebih luas melalui ketiga teknologi di atas. Misalnya saja untuk membuat panggilan video 3D dan gim online.

2 dari 3 halaman

Upaya Oppo untuk Dukung 5G

Saat ini, Oppo tengah bekerja sama dengan pembesut chip Qualcomm melalui program 5G Pilot. Keduanya akan bersama-sama mengadakan riset mengenai inovasi 5G.

Kehadiran smartphone 5G pertama di dunia ini tentu akan menjadikan persaingan Oppo dengan vendor smartphone lainnya makin ketat, misalnya, dengan LG.

Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, LG menyatakan pihaknya akan menjadi vendor pertama yang meluncurkan smartphone 5G, kerja sama dengan operator AS Sprint.

Sekadar informasi, oppo kini merupakan salah satu produsen perangkat terkemuka di dunia. Meski begitu, saat ini Oppo masih sebatas pada negara-negara berkembang seperti India, Indonesia, dan lain-lain.

Perlu diketahui, jaringan 5G pertama telah dicoba di AS. Jaringan ini menawarkan broadband Fixed Wireless Access (FWA) di kota-kota besar. Sementara, kota-kota lainnya akan menyusul pada 2019 mendatang.

3 dari 3 halaman

Vendor Berlomba Hadirkan Smartphone 5G

Sebelumnya vendor smartphone Tiongkok lainnya, OnePlus, memastikan pihaknya akan merilis smartphone 5G. 

CEO OnePlus, Pete Lau, juga sudah memastikan hal ini dan ingin menjadi salah satu yang pertama merilis smartphone tersebut.

Dilansir Phone Arena, Rabu (31/10/2018), Lau mengatakan, perusahaan melihat ada permintaan tinggi dari konsumennya terhadap smartphone tersebut, meski jaringan 5G belum tersedia secara komersil.

Kendati demikian, OnePlus sangat bersemangat mengadopsi teknologi itu sejak awal, agar bisa mengetahui lebih banyak hal.

Ia menambahkan, OnePlus sudah bekerja sama dengan beberapa operator Eropa. Selain itu, Lau optimistis OnePlus akan menjadi yang pertama merilis smartphone 5G di Eropa.

Sayangnya, Lau tidak memberikan bocoran tentang spesifikasi smartphone atau desainnya.

Namun, smartphone itu dipastikan akan tetap kompatibel dengan jaringan 4G LTE, mengingat ketersediaan jaringan 5G akan terbatas pada masa-masa awal.

Rencana peluncuran smartphone 5G ini juga belum diketahui. Jika merujuk pernyataan Lau, bahwa OnePlus akan menjadi vendor smartphone 5G pertama di Eropa, maka kemungkinan produknya itu akan dirilis pada tahun depan.

Smartphone flagship baru Samsung yang disebut juga akan menjadi perangkat 5G, Galaxy S10, dijadwalkan akan diumumkan pada akhir Februari 2019 di Eropa.

Jika ingin menjadi yang pertama, OnePlus harus merilisnya lebih dahulu dari Galaxy S10.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
OnePlus Bakal Rilis Smartphone 5G Pertama di Eropa
Artikel Selanjutnya
Harga Oppo Neo 7 Terbaru 2018 di Pasaran dan Spesifikasi Unggulannya