Sukses

10 Gim Horor Terbaik Sepanjang Masa (Bagian 2)

Berbeda dengan jaman dulu, gim horror kini tak lagi menjadi sebagai sebuah gim yang kerap menghadirkan adegan-adegan mengerikan dan sekadar memperlihatkan makhluk menyeramkan saja.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar para gamer, genre horror memang telah menjadi genre favorit dari semua genre gim  yang pernah dimainkan.

Eksistensi genre ini di ranah video gim  bahkan sudah dinilai termasuk ke kategori genre kawakan jika dibandingkan genre-genre lainnya.

Saat ini, sudah banyak judul gim horror telah menjamur ke beragam platform video gim, mulai dari konsol bahkan sampai perangkat mobile.

Berbeda dengan jaman dulu, gim horror kini tak lagi dipandang sebagai sebuah gim yang kerap menghadirkan adegan-adegan mengerikan dan sekadar memperlihatkan makhluk menyeramkan saja.

Justru, storyline dan efek suara menjadi bumbu utama para developer dalam mengemas gim horror-nya menjadi lebih mencekam dan penuh atmosfer.

Nah, dalam rangka merayakan akhir bulan gim horror yang mana juga diasosiasikan ke dalam Halloween, kali ini tim Tekno Liputan6.com secara ekslusif akan menyajikan daftar gim horror terbaik yang pernah ada sepanjang masa.

Mengutip informasi Gameranx, Senin (31/10/2018), terdapat sepuluh (10) gim horror yang dijamin akan membuat kamu bergidik ketakutan saat memainkannya. Yuk simak apa saja!

4. Alone In The Dark (PC)

Gim horor klasik Alone in The Dark dirilis pada 1992 oleh Infogrames untuk PC.

Seri pertama Alone in The Dark ini menjadi yang perdana menggunakan latar karakter polygonal dengan environment 2D pre-rendered, sehingga menciptakan tampilan grafis 2D yang dinilai canggih pada masanya. 

Pada gim ini, terdapat dua karakter; Edward Carnby dan Emily Hartwood yang terjebak di dalam sebuah mansion tua Derceto.

Di dalam sana, mereka harus melawan kekuatan supernatural mengerikan dan mengancam.

Alone in The Dark

Alone in The Dark sendiri mendulang popularitas yang cukup besar di era awal 1990-an, bisa dibilang, gim ini termasuk pionir gim horror yang memperkuat eksistensi genre horror di ranah video gim.

3. Amnesia: The Dark Descent (PC)

Amnesia: The Dark Descent

Menduduki peringkat ketiga, Amnesia: The Dark Descent menjadi salah satu gim horror first person yang mampu mengguncang kancah gim horror dunia.

Meski tergolong baru dan dirilis pada September 2010 silam, gim ini telah dimainkan jutaan gamer PC dari seluruh dunia dan digadang-gadang menjadi salah satu gim yang tidak boleh dimainkan oleh pemain yang memiliki keadaan lemah jantung.

Amnesia mengambil setting lokasi di London, 1839, di mana karakter utamanya-- Daniel, terbangun di sebuah ruangan gelap di kastil Prussian Brennenburg dengan keadaan amnesia.

Ia pun harus menjelajahi seisi kastil agar dapat mengetahui apa yang membuatnya lupa ingatan dan siapakah dirinya yang sebenarnya.

Kengerian Amnesia terletak di mana karakternya terancam oleh para makhluk halus dan tidak dapat berkutik. Di situlah para pemain harus memutar otak apa memang harus melawan, kabur, diam, atau dibunuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

2. Fatal Frame 2: Crimson Butterfly (PS2)

Fatal Frame 2

Tak mungkin bila rasanya seri kedua dari Fatal Frame ini tidak masuk ke deretan gim horror paling mengerikan di sepanjang masa.

Meski seri pertama juga cukup mengacak-acak jantung pemainnya, seri kedua dinilai paling mengerikan dari semua seri yang pernah ada.

Dirilis oleh Tecmo pada 2003, Fatal Frame bercerita tentang saudara kembar Mio dan Mayu yang tersesat di sebuah desa yang tidak berpenghuni.

Di sana, mereka menemukan banyak kejanggalan dan diancam oleh para makhluk halus yang ternyata mengisi desa tersebut.

Berbekal kamera obscura, si kembar harus menghabisi makhluk gaib tersebut dengan memotretnya demi bisa bertahan hidup.

Unsur horror Jepang begitu terasa nyata di gim ini. Fatal Frame bisa dibilang merupakan gabungan dari film Ju-On, Kairo, The Ring, yang mana menghadirkan elemen terror yang begitu nyata bagi para pemainnya.

Latar suara dan tempat pun menjadi bumbu utama di gim ini sehingga membuat Fatal Frame 2 menjadi gim horror yang sulit untuk dilupakan.

1. Silent Hill (PS1)

Silent Hill

Silent Hill menduduki posisi jawara gim horror paling mengerikan sepanjang masa.

Tanpa berpanjang lebar, bagi kamu gamer yang maniak main gim horror atau yang tidak biasa memainkan gim horor, pasti semua dari kamu pernah memainkan (atau mencoba) gim besutan Konami ini.

Silent Hill menceritakan kisah seorang pria--Harry, yang mencari anaknya tersesat di sebuah kota yang tidak berada di peta yang disebut Silent Hill.

Di situlah Harry menemukan banyak makhluk menyeramkan dan ia harus mengupas tuntas apa kaitan Silent Hill dengan kehilangan anaknya tersebut.

Silent Hill tak sekadar menghadirkan ragam monster yang mengerikan, atau storyline apik yang begitu kompleks ala film horror Hollywood, tetapi Konami mampu mengemas Silent Hill menjadi gim yang mampu mengusung unsur kultus yang begitu kental.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.