Sukses

Dari Tomb Raider hingga Final Fantasy 7, Ini 5 Judul Gim PS1 Terfavorit

Liputan6.com, Jakarta - Jelang peluncuran PlayStation (PS) Classic, varian kecil konsol PS1 yang dirilis Sony pada akhir 1994, kini waktu yang tepat untuk mengenang kembali judul-judul gim terbaik yang pernah dirilis pada konsol tersebut.

Dari begitu banyak judul yang harus dipilih dan banyak gim yang berhasil sukses di konsol PS1, sedikit sulit untuk mempersempit daftar yang kami rangkum menjadi 5 judul gim favorit.

Apa saja gim yang masuk di dalam daftar ini? Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah 5 gim PlayStation yang menjadi favorit gamer di berbagai negara.

1. Metal Gear Solid

Metal Gear Solid (PS1) | via: buzzfeed.com

Nama Hideo Kojima sudah melegenda kalangan gamer. Di dunia gim, Hideo Kojima terkenal sebagai perancang, penulis, sutradara, dan produser.

Karyanya yang sampai saat ini masih terkenal adalah seri Metal Gear. Seri gim tersebut dipuji bukan hanya karena visualnya, melainkan juga plot ceritanya yang dianggap kompleks.

Metal Gear Solid yang dirilis pada akhir 1998 berhasil terjual sebanyak 6 juta kopi. Hideo Kojima sendiri terlibat penuh dalam pengembangan gim merangkap sebagai perancang, penulis, produser, dan sutradara.

Seri Metal Gear sudah memiliki lebih dari 20 judul, yang paling terbaru dan terakhir yang dibuat oleh Hideo Kojima adalah Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

 

2 dari 3 halaman

2. Tomb Raider II

Tomb Raider. (Doc: Gamesradar)

Siapa yang tak tahu petualang cantik berambut coklat Lara Croft? Ya, salah satu serinya--Tomb Raider II--berhasil terjual sebanyak 6,8 juta kopi.

Bagi yang sudah main gim pada akhir 1990-an, Lara Croft telah menjadi karakter ikonik di dunia video gim.

Ia juga telah mengalami perubahan visual yang luar biasa, dari awalnya terlihat sangat sederhana sampai akhirnya diperankan oleh Angelina Jolie dalam adaptasi film berjudul Lara Croft: Tomb Raider yang rilis pada 2001, dan juga Alicia Vikander dalam film reboot Tomb Rider yang tayang pada Maret 2018.

3. Resident Evil 2

Resident Evil 2. (Doc: Gamesradar)

Tak dapat dipungkiri, seri pertama Resident Evil berhasil salah satu judul gim paling laris ketika muncul di PS1.

Berkaca dari hal tersebut, Capcom pun langsung meluncurkan seri lanjutan gim tersebut, yakni Resident Evil 2.

Tidak seperti gim pertamanya yang tampil dengan gameplay yang kaku dan animasi yang 'konyol', RE2 tampil lebih dipoles.

Di RE2, Capcom berhasil menghadirkan cerita yang mengerikan, karakter yang lebih baik, dan tentu saja gameplay lebih menegangkan.

Seperti seri sebelumnya, RE2 menghadirkan dua karakter protagonis, yakni Leon S. Kennedy dan Claire Redfield. Tak hanya itu, gamer juga disajikan dua cerita(side A dan B) yang berbeda untuk masing-masing karakter.

 

3 dari 3 halaman

4. Final Fantasy 7

Final Fantasy VII. (Doc: Gamesradar)

Rasa tidak pas bilamana gim buatan Square Enix yang satu ini absen dari daftar. Bagi kamu yang sudah main gim di akhir 90-an pasti pernah main Final Fantasy VII (FF7).

Lebih dari dua dekade meluncur di pasaran, petualangan Cloud dkk di FF7 sulit ditandingi oleh gim bergenre RPG (role playing game) dulu hinga sekarang.

Final Fantasy VII unggul di dalam tiga kategori utama yang membuat gim RPG menarik, yakni gameplay, cerita, dan grafik.

Selain itu, gim ini juga memperkenalkan battle system berbasis materia--yang hingga kini masih pengaruhi gim RPG, dan tentunya alur cerita paling tragis di dalam gim sepanjang masa.

5. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot Remastered edition. Sumber: Kotaku

Siapa yang masih ingat dengan sosok 'Aku Aku' dan 'Uka Uka'? Aku Aku adalah sosok arwah yang membantu tokoh Crash dan adiknya Coco untuk melawan kekuatan jahat dalam seri Crash Bandicoot.

Sosok jahat di gim tersebut dipimpin oleh ilmuwan jahat bernama Doctor Neo Cortex yang dipandu oleh sosok Uka Uka, sesosok arwah voodoo jahat yang ternyata adalah adik kembar dari Aku Aku.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: