Sukses

iOS 12.1 Gulirkan 70 Emoji Baru, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Sistem operasi terbaru Apple, iOS 12, baru saja mendapatkan pembaruan. Pembaruan versi iOS 12.1 ini membawa beberapa perubahan kecil, salah satunya adalah kehadiran 70 jenis emoji baru.

Seperti dilansir BGR, Minggu (7/10/2018), nantinya akan ada lebih dari 70 karakter emoji yang bakal meramaikan iOS 12.1.

Ini artinya, pengguna iPhone dan iPad yang sudah memperbarui sistem operasinya ke iOS 12.1 sudah bisa menjajal deretan emoji anyar ini. Tak cuma itu, emoji baru ini nanti juga akan tersedia di sistem operasi macOS dan watchOS.

Adapun 70 jenis emoji baru tersebut hadir dalam desain baru dan unik. Mulai dari emoji kepala botak, orang kasmaran, sepatu hiking, moon cake, softball, skateboard, firesbee, salt shaker, roti bagel, selada, dan beberapa hewan dan serangga seperti rakun, angsa, llama, dan nyamuk.

"Kini, ratusan emoji sudah tersedia lengkap di iOS, watchOS, dan macOS, termasuk emoji smiley, kesetaraan gender, busana, makanan dan minuman, hewan, makhluk misis, dan masih banyak lagi," ujar Apple dalam pernyataan resminya.

"Sementara deretan emoji baru ini sudah disepakati oleh Unicode 11.1. Kami juga telah bekerja sama dengan Unicode Consortium untuk menambah lebih banyak emoji dengan tema disabilitas dalam versi Unicode 12.0 pada tahun depan," tambahnya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

2 dari 3 halaman

Ups, iOS 12 Ternyata Sudah Bisa Di-jailbreak

iOS 12 ternyata sudah bisa di-jailbreak. Ini artinya, sistem operasi teranyar besutan Apple untuk iPhone dan iPad itu bisa dikatakan tak sepenuhnya aman. 

Informasi iOS 12 sudah bisa di-jailbreak terkuak dari Pandora Labs, divisi keamanan siber Alibaba.

Hanya dalam kurang dari 24 jam setelah iOS 12 bergulir ke perangkat, Pandora Labs langsung mencoba untuk men-jailbreak iOS 12.

Uji jailbreak sistem operasi ini pun diperlihatkan dalam sebuah video yang bocor di media sosial Weibo.

Dari video tersebut, tim Pandora Labs sukses melakukan jailbreak kepada iOS 12 yang terpasang di perangkat iPhone X. 

Setelah di-jailbreak, software jailbreak iOS 12 mampu terinstal dan me-restart iPhone X. Saat menyala iPhone X yang sudah di-jailbreak memperlihatkan tulisan “Your phone is pwned”.

Meski demikian, tim Pandora Labs tidak mengungkap apakah jailbreak ini sudah bisa dilakukan oleh publik atau tidak. Apple sendiri belum memberikan komentar terkait jailbreak ini.

3 dari 3 halaman

Kamu Sudah Bisa Jajal iOS 12 di iPhone Lawas, Begini Caranya

Meski iOS 12 baru akan meluncur bersamaan dengan iPhone XS, XS Max, dan XR pada 17 September nanti, sistem operasi terbaru itu kini justru sudah bisa dijajal di iPhone lawas.

Asyiknya lagi, iOS 12 yang sudah bisa dicicipi merupakan versi final alias Golden Master (GM).

Untuk bisa memperbarui sistem operasi iOS kamu ke iOS 12, pastikan kamu harus back up dokumen terlebih dahulu. 

Untuk back up, hubungkan perangkat iOS kamu ke iTunes, kemudian pilih opsi “Backup to this computer”, dan yang terakhir centang kotak untuk membuat cadangan terenkripsi. 

Adapun cara terbaik yang bisa dilakukan untuk update ke iOS 12 adalah via iTunes. Dilansir CNET, Jumat (14/9/2018), jika pengguna ingin memperbarui ke iOS 12 via jalur iCloud, backup iOS 11 nantinya akan tertimpa dengan iOS 12.

Selain lewat iTunes, kamu pun sebetulnya juga bisa memperbarui perangkat iOS ke via situs web Apple, caranya pergi ke beta.apple.com/sp/betaprogram.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

 

Mobil Angkut Tabung Gas Meledak, Sopir Tewas
Loading
Artikel Selanjutnya
Baru Rilis, iOS 12 Sudah Diadopsi 46 Persen Perangkat
Artikel Selanjutnya
Waduh, Fitur Screen Time di iOS 12 Bisa Dicurangi Bocah