Sukses

Rayakan 20 Tahun, Google Ajak Pengguna Napak Tilas ke Markas Pertamanya

Google yang hari ini berusia 20 tahun mengajak pengguna untuk bernostalgia kantor awal Google di garasi rumah Susan Wojcicki melalui street view.

Liputan6.com, Jakarta - Google tepat menginjak usianya yang ke-20 pada hari ini, Kamis, 27 September 2018.

Ya, meskipun raksasa internet ini sebenarnya didirikan pada 4 September 1998, perusahaan selalu merayakan hari ulang tahunnya pada 27 September.

Guna merayakan ulang tahunnya yang ke-20, perusahaan yang kini dipimpin oleh Sundar Pichai inipun menghadirkan sejumlah fitur interaktif.

Pertama, video doodle yang meng-highlight sejumlah pencarian terpopuler, kapsul waktu term pencarian di Easter egg, hingga tour ke kantor awal Google di garasi rumah Susan Wojcicki melalui Google street view.

Kantor awal Google di garasi rumah Susan Wojcicki (Foto: The Verge)

Ya, di rumah Wojcicki inilah Google didirikan. Dalam tour itu pula, terlihat jelas seperti apa berantakannya kantor Google di awal berdirinya, persis seperti markas startup yang baru berdiri.

Lewat tautan (klik di sini), kamu bisa merasakan tour virtual ke garasi rumah Wojcicki serta ke seluruh sisi rumah (klik di sini). Pengguna jadi serasa tour ke kantor Google di tahun 1998.

Di dalam ruangannya, terlihat komputer-komputer lawas di meja kerja. Ada juga papan tulis putih tempat corat coret ide para pendiri Google seperti Larry Page dan Sergey Brin di garasi rumah milik Wojcicki yang terletak di Menlo Park.

Kantor awal Google di garasi rumah Susan Wojcicki (Foto: The Verge)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kisah Unik di Hari Jadi Google

Google merayakan ulang tahun ke 20 yang jatuh pada hari ini, Kamis, 27 September 2018.

Untuk meramaikannya, Google Doodle hari ini pun tampil dalam animasi penuh warna.

Meski sudah berusia dua dekade, hari ulang tahun perusahaan tersebut sebenarnya sempat sedikit membingungkan. Alasannya, peluncuran Google sebagai sebuah produk dan perusahaan ternyata berbeda.

Dikutip dari The Sun, Kamis (27/9/2018), domain google.com sebenarnya sudah terdaftar pada 15 September 1997. Namun, Google sebagai perusahaan baru terdaftar pada 4 September 1998.

Oleh sebab itu, Google pada 2002 mulai mengganti tanggal ulang tahun perusahaan.

Kendati demikian, hal ini masih menjadi perdebatan, karena ada pihak yang menyebut perubahan dilakukan pada 2005.

 

3 dari 3 halaman

Alasan Google Berulang Tahun Pada 27 September

Terlepas dari hal itu, perusahaan akhirnya menetapkan 27 September sebagai hari jadinya.

Tanggal ini dipilih sekaligus sebagai perayaan rekor jumlah laman web yang berhasil terangkum dalam indeks mesin pencarinya.

Bagi yang belum mengetahuinya, mesin pencari ini didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Di awal kehadirannya, pada 1995, Google sebenarnya merupakan bagian dari proyek akademis dari kedua orang tersebut.

Setahun kemudian, mereka mengembangkan proyek tersebut dimulai dengan nama google.stanford.edu.

Barulah pada 4 September 1998, mereka resmi meluncurkan Google sebagai sebuah produk utuh.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.