Sukses

Evolve, Smartphone Baru BlackBerry dengan Layar dan Baterai Jumbo

BlackBerry merilis smartphone terbarunya, BlackBerry Evolve yang memiliki layar dan baterai jumbo.

Liputan6.com, Jakarta - BlackBerry merilis smartphone terbarunya, yakni BlackBerry Evolve dan BlackBerry Evolve X.

Kali ini, perangkat yang dirilis adalah besutan pemegang lisensi BlackBerry asal India, yakni Optiemus Infracom.

Kehadiran BlackBerry Evolve dan BlackBerry Evolve X sebenarnya pernah disebutkan dalam beberapa bocoran.

Mengutip laman Android Police, Jumat (3/8/2018), kedua perangkat BlackBerry yang dimaksud memiliki layar berukuran 6 inci dengan resolusi 2.160x1.080 piksel, memori internal 64GB, dan baterai bongsor berkapasitas 4.000mAh dengan dukungan pengisian daya cepat Qualcomm QuickCharge 3.0.

Kedua BlackBerry Evolve juga dibekali dengan sensor pemindai sidik jari, dukungan pengisian daya nirkabel, dan OS Android 8.1 Oreo.

Namun jeroannya justru agak mengecewakan dan tidak sesuai dengan harganya. Bagaimana tidak, sebagai smartphone dengan harga US$ 365 atau setara Rp 5,2 jutaan, BlackBerry Evolve hanya ditopang dengan Snapdragon 450 dan RAM 4GB.

Sementara, untuk BlackBerry Evolve X yang dibanderol USD 510 atau setara Rp 7,3 jutaan hanya ditenagai Snapdragon 660 dan RAM 6GB.

Selain prosesor, spesifikasi lain perangkat ini adalah koneksi Bluetooth 4.0 untuk BlackBerry Evolve dan Bluetooth 5.0 untuk BlackBerry Evolve X.

Keduanya tampak kemahalan ketimbang spesifikasi yang ditawarkan. Pasalnya, berlaga pada kelas yang sama, Nokia 7 Plus yang juga ditopang Snapdragon 660 justru harganya lebih murah ketimbang BlackBerry Evolve yang ditenagai Snapdragon 450.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bocoran dari Bulan-Bulan Lalu

Sebelumnya, sejak isu kehadiran dua perangkat BlackBerry muncul ke permukaan, keduanya disebut-sebut memiliki nama BlackBerry Ghost dan Ghost Pro.

Rupanya, belakangan diketahui bahwa Ghost dan Ghost Pro merupakan codename semata. Kini, dalam bocoran terbaru, nama resmi kedua BlackBerry pun telah diketahui.

Bocoran yang dimaksud datang dari Evan Blass melalui akun Twitter-nya @evleaks. Blass sejak beberapa bulan lalu telah menyebut-nyebut kehadiran BlackBerry Ghost di jejaring sosial.

Menurut Blass, sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Kamis(20/7/2018), nama resmi Ghost adalah BlackBerry Evolve dan Ghost Pro adalah BlackBerry Evolve X.

Masih menurut Blass, baik Evolve maupun Evolve X diperkirakan hadir dengan rasio 18:9 serta prosesor Snapdragon yang cukup kuat.

Beberapa minggu lalu, Evan Blass juga mengungkapkan BlackBerry Evolve akan hadir dengan kapasitas baterai besar yakni 4.000mAh. Sementara, spesifikasi lainnya belum diketahui, begitu juga dengan tanggal perilisannya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.