Sukses

Inikah Ghost Pro, Smartphone Terbaru BlackBerry?

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pemegang lisensi BlackBerry di India adalah Optiemus Infracom. Bulan lalu, pembocor perangkat terkemuka Evan Blass mengunggah sebuah foto smartphone terbaru dari Optiemus, yang disebut-sebut sebagai BlackBerry Ghost.

Kini, Blass kembali follow up kabar tersebut dengan bocoran smartphone lainnya yang disebut sebagai BlackBerry Ghost Pro.

Seperti BlackBerry Ghost, secara detail, BlackBerry Ghost Pro tampak berbeda dari smartphone kebanyakan.

Mengutip Gizmochina, Minggu (25/3/2018), sejauh ini belum diketahui spesifikasi perangkat ini dan perbedaannya dengan BlackBerry Ghost. Kendati demikian, ada perbedaan dari segi fisik berdasarkan bocoran render keduanya.

Melihat gambar, BlackBerry Ghost akan hadir dengan desain bezeless, kemungkinan ini adalah BlackBerry pertama yang memiliki layar 18:9. Sementara, Ghost Pro tampaknya memiliki rasio aspek 16:9 sehingga bentuk fisiknya lebih lebar dan pendek.

BlackBerry Ghost Pro juga bakal mengusung bodi lebih tebal dengan asumsi punya kapasitas baterai yang lebih besar. Perbedaan lain antara keduanya adalah dagu yang terlihat berbeda dengan smartphone BlackBerry lainnya.

Selain tampilan depan, tampaknya tidak ada perbedaan lain dari segi fisik BlackBerry Ghost dan BlackBerry Ghost Pro.

Sejauh ini belum ada informasi detail mengenai perangkat ini, termasuk mengenai seri atau namanya. Diduga BlackBerry Ghost Pro merupakan sebuah smartphone baru milik BlackBerry.

1 dari 3 halaman

BlackBerry Ghost

Sebelumnya, Blass juga mengunggah bocoran smartphone BlackBerry Ghost. Berdasarkan unggahan Evan Blass, smartphone anyar BlackBerry ini akan tampil dengan desain bezeless. Dikutip dari The Next Web, Kamis (1/3/2018), perangkat ini bernama BlackBerry 'Ghost'.

Meski tak ada informasi detail, Blass menyebut smartphone ini akan segera hadir untuk pasar India. Sayangnya, ia tak mengungkap informasi lebih lanjut termasuk spesifikasi dari perangkat ini.

Penggunaan nama 'Ghost' sendiri juga belum dapat dipastikan kebenarannya. Mengingat nama yang cukup unik, ada kemungkinan 'Ghost' merupakan kode yang digunakan Optiemus untuk perangkat anyar ini.

Blass juga menyebut smartphone ini akan menjadi perangkat Android premium. Sama seperti smartphone BlackBerry sebelumnya, perangkat ini akan menjalankan Android.

Selain Optiemus, BlackBerry sebenarnya juga telah menjalin rekanan dengan perusahaan lain, seperti TCL untuk perangkat yang dijual secara global. Sementara di Indonesia, perusahaan tersebut telah membentuk joint venture bernama PT BB Merah Putih.

2 dari 3 halaman

BlackBerry Tahan Air

Sekadar mengingatkan, smartphone dengan nama BlackBerry yang belum lama ini meluncur adalah BlackBerry Motion. Sebelumnya perangkat ini diduga bernama BlackBerry Krypton.

BlackBerry Motion dirilis di gelaran GITEX Technology Week di Dubai, Uni Emirat Arab.

Seperti BlackBerry KeyOne, Motion digarap oleh pemegang lisensi perangkat BlackBerry, TCL. Berbeda dengan KeyOne, BB Motion hadir dengan desain all touch alias layar sentuh.

Mengutip Phone Arena, BB Motion menjadi perangkat pertama BlackBerry yang dibekali sertifikat IP67, sehingga membuatnya tahan terhadap air--bukan air laut--hingga kedalaman 3,3 kaki atau 1 meter selama 30 menit.

Smartphone ini hadir dengan layar 5,5 inci premium anti-scratch dengan resolusi 1.080 x 1.920 piksel (FHD). Tidak disebutkan jelas jenis prosesor yang digunakan untuk menyokong BB Motion, tapi diduga TCL menggunakan Snapdragon 625.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Ikutan Razer dan Xiaomi, Asus Juga Bakal Rilis Smartphone Gaming
Artikel Selanjutnya
HMD Global Siap Luncurkan Nokia X