Sukses

HMD Global Perkuat Penjualan Nokia di AS

Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu pasar penting, termasuk bagi vendor ponsel seperti HMD Global.

Liputan6.com, New York - Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu pasar penting, termasuk bagi vendor ponsel seperti HMD Global.

Oleh sebab itu, perusahaan dilaporkan tengah berusaha memperkuat penjualan smartphone Nokia di negara tersebut.

Dilansir Phone Arena, Senin (30/7/2018), HMD Global sedang mencari beberapa karyawan untuk operasionalnya di Negeri Paman Sam.

Perusahaan asal Finlandia itu tengah mencari untuk posisi pimpinan e-commerce dan produk, serta manajer teknis.

Pencarian karyawan untuk menempati sejumlah posisi ini mengindikasikan HMD Global kian agresif di pasar smartphone.

Hal ini sekaligus dinilai sebagai langkah yang menarik mengingat salah satu rivalnya, Xiaomi, belum memasuki pasar AS.

Sebagian besar smartphone segmen menengah Nokia memang sudah tersedia di AS, sehingga akan membuat persaingan semakin sengit jika Xiaomi ikut menyusul.

Kendati demikian, langkah HMD di AS tidak akan berjalan dengan mudah. Pasalnya, saat ini perusahaan belum bekerja sama dengan operator seluler di negara tersebut.

Tanpa bantuan operator, akan sulit bagi smartphone Nokia atau mereka lain untuk bersaing dengan vendor seperti Samsung, LG dan Motorola. Para kompetitor tersebut memiliki kerja sama jangka panjang dengan semua operator di AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Flagship Baru Nokia Bakal Dijual Lebih Mahal

HMD Global dilaporkan berencana merilis flagship smartphone lebih premium daripada yang dimiliki saat ini. Perusahaan akan mengawali realisasi rencana itu dengan menjual Nokia 9 seharga US$ 1.000 atau berkisar Rp 14,5 juta.

Harga jual Nokia 9 akan lebih mahal dibandingkan Nokia 8 yang dibanderol US$ 700 atau Rp 10 jutaan saat awal meluncur. Jika laporan ini benar, maka peningkatan harga jualnya cukup tinggi.

Harga jual tinggi disesuaikan dengan performa yang lebih baik dibandingkan sebelumnya. HMD Global disebutkan menambahkan sejumlah peningkatan, sehingga dinilai layak bersaing dengan smartphone flagship kompetirornya, seperti Samsung dan Apple.

Sejauh ini belum ada pernyataan dari HMD Global tentang Nokia 9. Namun, sejumlah informasi tentang perangkat tersebut telah beradar di ranah maya.

Menurut laporan, Nokia 9 akan hadir dengan notch dan memiliki kamera Light disertai sejumlah lensa. Smartphone ini kemungkinan akan disokong chipset terbaru Qualcomm, serta RAM dan memori internal yang cukup besar.

3 dari 3 halaman

Nokia X5 Meluncur dengan Kamera Ganda

Terlepas dari Nokia 9, HMD Global beberapa waktu lalu merilis Nokia X5 di Tiongkok. Smartphone ini memiliki desain mirip dengan "saudaranya", Nokia X6.

Nokia X5 memiliki layar berukuran 5,86 inci (720 x 1.520 piksel) dengan rasio aspek 19:9 dan sistem operasi (OS) Android 8.1 Oreo. HMD Global menjanjikan patch bulanan dan pembaruan Android yang cepat untuk smartphone tersebut.

Nokia X5 disokong prosesor octa-core MediaTek Helio P60, RAM 3GB dengan memori internal 32GB dan RAM 4GB/64GB. Selain itu, Nokia X5 memiliki slot kartu microSD untuk menambah ruang penyimpanan dengan kapasitas maksimal 256GB.

Sama seperti kebanyakan smartphone baru, Nokia X5 memiliki dua kamera belakang dan layar dengan desain notch di bagian atasnya. Smartphone ini memiliki dua kamera belakang yakni 13MP dengan aperture f/20 dan 5MP, serta dilengkapi flash LED.

Kamera depannya adalah 8MP dengan f/2.2, yang dilengkapi teknologi gambar Artificial Intelligence (AI), serta serangkaian fitur pendukung seperti mode portrait dan HDR.

Spesifikasi lainnya termasuk baterai 3.060mAh, port USB Type-C, audio jack 3,5mm, Bluetooth 4.2 dan mendukung jaringan dual 4G dual VoLTE.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.