Sukses

Kemkominfo Pastikan Semua Area Asian Games 2018 Punya Akses Internet

Jaminan akses layanan ini tidak hanya untuk mempermudah proses telekomunikasi, tapi juga untuk memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) terus berusaha meyakinkan masyarakat tentang jaminan akses telekomunikasi, terutama internet, selama Asian Games 2018 berlangsung.

Telkom Grup sebagai penyedia utama jaringan telekomunikasi memberikan layanan dengan format video, internet, dan phone (VIP) di seluruh area Asian Games berlangsung, mencakup bandara internasional, tempat acara dan media center.

Diungkapkan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, jaminan akses layanan ini tidak hanya untuk mempermudah proses telekomunikasi, tapi juga untuk memberikan impresi baik tentang Indonesia kepada para peserta Asian Games.

"Ini merupakan penyediaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) paling besar dan kompleks di Indonesia. Bersama ini kami juga sekaligus ingin memberikan impresi bahwa kualitas infrastruktur kita tidak kalah dengan negara-negara lain," ungkap Rudiantara saat ditemui di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Rudiantara menekankan infrastruktur telekomunikasi dapat menjadi warisan dan meninggalkan impresi yang baik untuk Asian Games 2018. Acara pembukaan pada bulan depan pun bisa menjadi salah satu momen yang dimanfaatkan untuk membuktikannya.

"Skenarionya bakal dihadiri 80 ribu-90 ribu penonton (acara pembukaan). Untuk itu, Telkom akan menyediakan bandwidth hingga 10Gbps dengan cadangan empat kali lipat," tutur pria yang akrab disapa Chief RA tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Total Bandwidth 222Gbps

Adapun secara umum, dukungan layanan Telkom Grup di area dan selama Asian Games 2018 (Jakarta dan Palembang) mencakup total bandwidth internet sebesar 222Gbps, 58Gbps Intranet, 967 accsess point WiFi, serta menyediakan 8.700 unit Indihome di wisma atlet Kemayoran dan Palembang.

Untuk jaringan seluler juga terdapat penguatan sinyal Telkomsel dengan 124 BTS 4,5G dan 140 BTS 4G baru dan akan menyediakan 27 ribu starter pack edisi Asian Games. Telkom Group akan mengerahkan 2.700 personel untuk membantu mengamankan layanan telekomunikasi selama pesta olahraga Asia ke-18 tersebut.

Proses kesiapan layanan sampai saat ini telah mencapai 94 persen. "Sisanya tinggal integrasi dan testing. Akhir Juli kemungkinan sudah selesai semua," tutur Ketua Satgas Asian Games dari Telkom, M Salsabil.

Selain Telkom Group, layanan internet selama Asian Games juga akan disediakan oleh Bali Tower dan Biznet. Operator seluler lain, XL Axiata, Indosat dan Tri juga memberikan kontribusinya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.