Sukses

Terungkap, Ini Alasan Mengapa Main Gim Mobile Bikin Kecanduan

Apa sebenarnya formula di balik kesuksesan sebuah judul gim mobile? Mengapa pemainnya bisa dibuat ketagihan?

Liputan6.com, Jakarta - Tak sedikit judul gim mobile yang berhasil merengkuh kesuksesan dalam waktu singkat. Beberapa judul populer seperti Angry Birds, Candy Crush Saga, Clash of Clans, Mobile Legends, Arena of Valor, hingga PUBG patut diakui merupakan gim yang diidolakan dan berhasil membius banyak pemainnya.

Salah satu ciri khas gim mobile populer adalah sifatnya yang kerap membuat pemainnya ketagihan.

Maka, tak aneh lagi rasanya jika hampir seluruh pengguna smartphone atau pun tablet selalu menyempatkan diri di sela-sela kegiatan mereka untuk memainkan gim mobile. 

Namun, apa sebenarnya formula di balik kesuksesan sebuah judul gim mobile? Mengapa pemainnya bisa dibuat ketagihan?

Nick Williams dan Jonathan Evan, dua orang pengembang gim mobile dari Lumo Developments pada sebuah wawancara dengan The Guardian mengungkapkan bahwa kunci keberhasilan sebuah judul gim mobile adalah 'ketidaksempurnaan'.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buang Ego

Aneh memang, namun Jonathan Evan menjelaskan, "Ketika Anda membuat sebuah gim mobile, seorang pengembang gim harus membuang jauh-jauh egonya. Mereka pasti ingin karyanya sempurna, tetapi dalam gim mobile hal itu tidak berlaku."

"Desain gim mobile harus sederhana. Anda tidak bisa berharap pemain mencurahkan seluruh perhatiannya pada gim, ini (gim mobile) hanya untuk mengisi waktu luang. Mereka mungkin memainkannya sembari naik bus atau mendorong kereta bayi," lanjut Evan.

Pada kesempatan yang berbeda, Dr Simon Moore, psikolog spesialis dampak gim terhadap otak manusia menyebutkan pernyataan yang senada.

Ia mengatakan, "karakter pemain gim mobile sangat berbeda dengan karakter pemain konsol game. Mereka tidak terlalu ingin terlibat di dalam gim, mendambakan gameplay yang mudah dinavigasi. Keterlibatan emosional tidak terlalu penting, pemain gim mobile hanya ingin merasa senang."

 

3 dari 3 halaman

Pemilihan Warna

Selain itu, Dr Moore juga berpendapat bahwa pemilihan warna dalam gim mobile sangatlah krusial.

Warna-warna cerah yang mudah ditangkap oleh penginderaan manusia lebih besar peluangnya untuk menjadi sukses.

"Banyak hasil penelitian psikologis yang mengungkapkan ketertarikan manusia akan warna. Kita tahu hasil riset menyebutkan bahwa efek psikologis dari warna biru pada piring akan membuat kita makan lebih sedikit dari pada makanan di atas piring putih. Atau seorang wanita akan lebih menarik bila difoto dengan latar belakang merah. Hal ini yang harus diterapkan pula pada pengembangan game mobile," jelas Dr Moore.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.