Sukses

Kamu Bisa Jajal Gim Mobile Sebelum Mengunduhnya di Android

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan fitur terbaru khusus untuk gim mobile di toko aplikasinya, Play Store.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menjajal gim mobile sebelum benar-benar mengunduh dan menginstalnya di perangkat Android.

Dilansir Android Authority, Jumat (23/3/2018), hal tersebut disampaikan Google lewat ajang Game Developer Conference yang dihelat di San Francisco, Amerika Serikat (AS). Fitur ini dinamai "Google Play Instant".

Google mengungkap fitur terbaru ini bisa membantu pengguna Android yang doyan bermain gim mobile untuk memaksimalkan pengalaman bermain gim tanpa harus repot memakan waktu unduh dan instal.

Biasanya, yang sudah-sudah, pemain membutuhkan waktu saat hendak mengunduh dan menginstal gim mobile terbaru.

Namun dengan fitur ini semua tentu akan lebih mudah. Saat pemain ingin mengunduh gim mobile baru, mereka bisa menjajalnya langsung dari direktori khusus Google Play Instant. Jika suka, akan diberikan pilihan untuk langsung mengunduhnya ke perangkat.

Sayangnya, fitur ini baru berjalan dalam versi beta. Ini artinya, cuma baru ada beberapa gim mobile yang tersedia untuk dicoba.

Ke depannya, Google menjamin akan menghadirkan lebih banyak gim mobile yang bisa dijajal sebelum akhirnya diunduh.

2 dari 3 halaman

Gim Berbasis Google Maps

Baru-baru ini, Google juga sempat mengumumkan API (Application Programming Interface) baru yang bisa digunakan oleh pengembang ketika menciptakan gim berbasis Google Maps.

Dengan menggunakan Google Maps API Gaming, pengembang kini memiliki akses ke komponen terpenting dari gim mobile paling sukses sepanjang sejarah, seperti Pokemon Go.

Pokemon Go merupakan satu-satunya gim--saat ini--yang mendapatkan akses seluruh koordinat GPS yang ada di dunia.

Sebelumnya, membuat gim berbasis GPS yang memetakan koordinat dunia secara teknis memungkinkan. Sayang, hal tersebut tak semudah yang dibayangkan.

Berkat Google Maps API, kini pengembang gim dapat dengan bebas berkreasi membuat gim berbasis GPS lebih nyata dan menarik.

Meski baru diumumkan, ternyata sudah ada tiga gim yang menggunakan Google Maps API ini.

Dilansir SlashGear, tiga gim tersebut adalah Jurassic World Alive, Ghostbusters World, dan The Walking Dead: Our World.

Bagi pengembang yang tertarik untuk bergabung dengan program ini bisa langsung ke laman Google Developers Maps/Gaming.

3 dari 3 halaman

Dapat Akses Langsung ke Data Google Maps

Dalam pernyataan resminya, perusahaan mengatakan, "Platform Maps baru untuk gim ini akan dibagi menjadi beberapa bagian."

Pengembang yang mendaftar akan memiliki akses langsung ke data Google Maps secara real-time. Tak hanya untuk pengembang gim mobile, Google juga meluncurkan kit untuk Unity.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Advan Rilis Smartphone Kamera Ganda Rp 1,2 Jutaan
Artikel Selanjutnya
5 Juta Smartphone Android Diduga Terserang Malware RottenSys, Apa Itu?