Sukses

Mars Akan Terlihat Jelas di Bumi Mulai Bulan Depan

Liputan6.com, Jakarta - Peristiwa mendekatnya Planet Mars dengan Bumi akan kembali terjadi tahun ini. Fenomena yang dikenal dengan perihelic opposition ini merupakan kondisi saat orbit Bumi dan Mars sejajar, sehingga jarak kedua planet lebih dekat.

Dikutip dari Business Insider, Minggu (24/6/2018), fenomena ini membuat Mars akan dapat dilihat dengan mata telanjang selama bulan depan. Ketika itu, jarak Bumi dengan Planet Merah tersebut hanya 61,9 juta km.

Karenanya, selama fenomena ini terjadi planet tersebut akan terlihat terang saat berada di titik terdekat. Adapun Mars akan terlihat paling terang pada 31 Juli 2018.

Kondisi semacam ini biasa terjadi setiap dua tahun atau lebih. Terakhir, kondisi ini terjadi pada Mei 2016.

Sekadar informasi, posisi paling dekat antara Bumi dan Mars terakhir terjadi pada 2003. Hal ini sama dengan posisi perihelic yang biasanya terjadi setiap 15 hingga 17 tahun sekali, ketika orbit Mars dan Bumi tegak lurus.

"Terkadang Bumi dan Mars saling berlawanan dengan Matahari dan berjarak sangat jauh. Sementara beberapa kali, Bumi berhasil mengejarnya dan berada dalam posisi yang cukup dekat," tutur NASA dalam pernyataannya.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Sumsel, Bali dan Sulsel di sini dan ikuti Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Non Stop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

30 Mei 2016, Planet Mars Bakal Mendekati Bumi

Peristiwa serupa sebenarnya pernah terjadi pada 30 Mei 2016. Diungkap oleh NASA, posisi Planet Merah dengan Bumi akan sangat dekat dalam waktu sebelas tahun terakhir, yakni hanya berjarak 75,3 juta kilometer dari Bumi.

Dilansir Daily Mail, biasanya Mars dan Bumi berjarak normal sebanyak 400 juta kilometer. Dengan begitu, para astronom dan pengamat langit akan bisa melihat penampakan Planet Mars sedikit lebih 'jelas' mulai dari periode 30 Mei hingga 3 Juni 2016.

Bahkan, Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut mengungkap bahwa kamu tidak perlu memakai alat khusus seperti teleskop untuk bisa menyaksikan Mars di langit.

Meski sudah diklaim dalam jarak terdekat, NASA mengatakan bahwa Mars nantinya akan lebih dekat lagi dengan Bumi pada 31 Juli 2018. Diprediksi, jarak keduanya hanya akan berkisar 35,8 juta kilometer dari satu sama lain.

Sebelumnya, Mars dan Bumi sempat berada dalam jarak terdekatnya pada Agustus 2003 silam, yaitu pada jarak 55 juta kilometer.

Jarak tersebut diklaim merupakan jarak terdekat dalam waktu 60 juta tahun terakhir. Bahkan, beberapa ilmuwan sempat memperkirakan bahwa jarak sedekat itu tak akan terulang lagi hingga sebelum Agustus 2287 mendatang.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.