Sukses

5 Teknologi Canggih Karya Leonardo da Vinci yang Patut Diketahui

Berapa teknologi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti keberhasilan tentang konsep sketsa teknologi Leoardo da Vinci selama hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta - Leonardo da Vindi terkenal karena hasil-hasil lukisannya yang menawan, seperti Jamuan Terakhir dan Monalisa.

Ia juga dikenal karena mendesain banyak ciptaan yang mengantisipasi teknologi modern tetapi jarang dibuat semasa hidupnya, seperti tank dan mobil yang dituangkannya lewat gambar-gambar dwiwarna.

Selain itu, ia juga ikut memajukan ilmu anatomi, astronomi, dan teknik sipil bahkan kuliner.

Berapa teknologi tersebut bisa dijadikan sebagai bukti keberhasilan tentang konsep sketsa teknologi Leoardo da Vinci selama hidupnya.

Seperti apakah bentuk teknologi tersebut ? berikut ini 5 teknologi rancangan Leonardo da Vinci yang melampaui zamannya.

1. Mesin Terbang

Mesin terbang merupakan salah satu teknologi rancangan Leonardo da Vinci yang melampaui zamannya.

Mesin terbang ini awalnya merupakan impiannya yang terpendam untuk bisa melayang di angkasa.

Dan pada suatu hari, da Vinci menyaksikan burung elang yang terbang gagah di angkasa. Ia merasa kagum hingga membuatnya berusaha untuk cara burung terbang agar bisa merancang mesin terbang ini.

Rancangannya itu ia tulis dalam 7.000 halaman buku catatannya. Namun sayang, rancangan mesin terbangnya itu tidak pernah terwujud hingga sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Tank

Tank merupakan salah satu teknologi rancangan Leonardo da Vinci.

Tank ini awalnya akan digunakan sebagai kendaraan lapis baja yang bisa menggagalkan serangan musuh di akhir Abad ke-15 untuk mempertahankan wilayah Italia itu dari serbuan tentara Prancis.

3 dari 5 halaman

3. Pakaian Selam

Leonardo da Vinci juga pernah membuat sebuah rancangan pakaian selam yang memungkinkan manusia ‘bernafas’ di dalam air yang akan terbuat dari bahan kulit.

Da Vinci mengatakan, jika pakaian selamnya ini akan berupa jaket, celana, dan topeng dengan yang menyatu dengan kaca mata dari kaca. Namun, Jacques Cousteau dan insinyur bernama Emile Gagnan menemukan Aqualung, baju selam modern.

4 dari 5 halaman

4. Senapan Mesin

Senapan mesin ini juga merupakan salah satu rancangan Leonardo da Vinci yang melampaui zamannya.

Senapan ini terdiri dari 33 laras yang terdiri dari 33 senjata kecil dipasang pada bingkainnya yang sampai saat ini hanya terwujud berupa sketsa dan tidak secara nyata, lantaran Gatling Gun telah terlebih dulu menggunakan senjata ini di tengah Perang Saudara di Amerika Serikat pada tahun 1862.

5 dari 5 halaman

5. Robot Hurmanoid

Leonardo da Vinci juga pernah menggambar sebuah sketsa robot “ksatria robotik” yang bisa menggerakan leher dan membuka/tutup mulutnya.

Namun, robot humanoid ini gagal terwujud lantaran Mark Rosheim telah terlebih dahulu menemukan robotik untuk NASA dengan model robot Kstaria seperti yang dirancang da Vinci.

Reporter: Non

Sumber: Famous.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.