Sukses

LG Diam-Diam Umumkan V35 ThinQ, Smartphone dengan Kecerdasan Buatan

Liputan6.com, Seoul - Diam-diam, LG sudah mengumumkan flagship smartphone barunya, yakni LG V35 ThinQ.

Mengusung nama ThinQ untuk lini perangkat berteknologi kecerdasan buatan, smartphone ini tentu dibekali dengan teknologi kecerdasan buatan seperti LG G7+ ThinQ.

LG V35 ThinQ hadir dengan chipset Snapdragon 845, bedanya dengan LG V30S ThinQ adalah RAM-nya yang memiliki luas 6GB.

Mengutip GSM Arena, Sabtu (2/6/2018), LG V35 hadir dengan layar 6 inci FullVision OLED berteknologi HDR10.

Menyoal kamera, LG V35 ThinQ hadir dengan sejumlah peningkatan. Misalnya saja kamera ganda 16MP seperti pada LG G7 ThinQ. Sementara pada LG V30 kamera gandanya "hanya" memiliki sensor 16MP dan 13MP.

Kamera utama smartphone ini menerapkan teknologi Super Bright Camera seperti pada LG G7 ThinQ sehingga membuatnya mampu menyesuaikan dengan kondisi cahaya di sekitar.

Berlanjut ke kamera depan, LG V35 ThinQ hadir dengan kamera 8MP atau ada peningkatan dari yang sebelumnya 5MP.

LG V35 ThinQ juga didukung dengan teknologi audio Quad DAC dan sejumlah peningkatan audio, termasuk DTS:X. Tidak hanya itu, V35 ThinQ dilengkapi dengan headphone dari Bang & Olufsen.

Beralih ke ruang penyimpanan, LG V35 ThinQ hadir dengan pilihan memori internal 64GB dan 128GB, pengguna juga bisa menambahkan penyimpanan melalui slot microSD.

LG V35 ThinQ hadir menjalankan OS Android 8.0 Oreo. Karena tidak hadir dengan notch, perangkat ini disebut-sebut sebagai LG G7 ThinQ tanpa notch.

Smartphone ini dibanderol sekitar USD 900 atau setara Rp 12,4 jutaan dan akan melenggang di pasar Amerika Serikat (AS).

1 dari 3 halaman

LG G7+ ThinQ

LG sendiri baru saja mengumumkan LG G7+ ThinQ ke pasar Indonesia. Smartphone dengan spesifikasi premium ini dibanderol dengan harga Rp 11,4 jutaan. LG juga membuka pre-order per 22-30 Mei 2018 di berbagai toko online maupun toko offline.

LG G7+ ThinQ mengunggulkan teknologi kecerdasan buatan di perangkatnya, terutama yang dipakai pada sektor kamera.

Menurut Head of LG Mobile Communications Indonesia Heegyun Jang, kecerdasan buatan alias artificial intelligence yang digunakan di LG G7+ ThinQ memiliki kelas berbeda dengan smartphone lain di pasaran.

"LG G7+ ThinQ merupakan smartphone pertama LG yang dibekali oleh artificial intelligence (AI). AI pada smartphone itu bukan hanya face detection terutama untuk sektor kamera, smartphone dengan AI harus mengenali objek yang diambilnya," kata Heegyun Jang ditemui usai peluncuran LG G7+ ThinQ di Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Jang mencontohkan, saat kamera smartphone AI dipakai membidik foto orang, situasi, langit, atau hewan peliharaan, kecerdasan buatan yang di dalamnya harus mampu mengenali objek-objek tersebut.

2 dari 3 halaman

Hasil Foto Lebih Baik dengan AI

"Mungkin mata manusia tidak tahu apa yang difoto dan bagaimana membuat hasil fotonya jadi lebih baik, tetapi machine (artificial intelligence) tahu bagaimana cara mengambil foto yang lebih baik," tutur Jang.

Dengan teknologi AI pada kamera LG G7+ ThinQ, Jang mengatakan, konsumen hanya tinggal memencet tombol dan mendapatkan hasil foto yang bagus sesuai dengan mode yang dikenali oleh AI.

Menurut Jang, saat AI diaplikasikan pada kamera smartphone, perangkat seharusnya tidak hanya mengenali wajah tetapi juga situasi di sekitarnya.

"Kalau hanya mengenali wajah dan meng-edit foto dengan Photoshop atau memperhalus foto, itu namanya Photoshop atau hanya face detection, bukan AI," katanya, merujuk pada berbagai smartphone yang kini bisa mendeteksi wajah pengguna dan mempercantiknya dengan software Beautification.

Lain lagi dengan LG G7+ ThinQ yang bisa kameranya bisa mengenali berbagai objek. Menurutnya, kamera G7+ ThinQ bisa mengenali 19 objek seperti pantai, langit, manusia, kucing, salju, teks, dan lain-lain.

Smartphone pun, kata Jang, akan mengubah setting kameranya secara otomatis dan mendapatkan foto paling baik. "Itulah AI pada kamera LG," katanya.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
LG Pamer Smartphone Murah Meriah untuk Penggemar BTS
Artikel Selanjutnya
Pakai Kecerdasan Buatan, Ini 4 Keunggulan Kamera LG G7+ ThinQ