Sukses

4 Bakteri di Smartphone yang Sering Menginfeksi Manusia

Liputan6.com, Jakarta - Bakteri ada di mana-mana, tak terkecuali perangkat elektronik seperti smartphone. Penelitian terbaru menunjukkan, ada ribuan jenis bakteri yang bersarang di smartphone.

Ilmuwan dari Universitas Oregon, Amerika Serikat (AS), mengungkap asal-usul bakteri yang hinggap di smartphone. Menurut mereka, keberadaan ribuan bakteri tersebut bukan berasal dari mana-mana, mereka justru berasal dari ujung jari si pengguna smartphone.

Para ilmuwan juga merangkum data bahwa rata-rata pengguna smartphone bisa menyentuh perangkat mereka setidaknya 150 kali dalam sehari.

Mungkin dari situ pengguna belum membersihkan tangan dan langsung memegang smartphone sehingga memudahkan perpindahan bakteri.

Menurut laman How Stuff Works, ada empat (4) jenis bakteri yang paling banyak ditemukan dan sering menginfeksi manusia. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini.

2 dari 5 halaman

1. Pseudomonas Aeruginosa

Bakteri ini paling umum ditemukan pada smartphone. Bahkan, riset peneliti Nigeria menemukan bakteri tersebut pada sampel 400 unit smartphone yang diuji.

Pseudomonas Aeruginosa juga memiliki daya tahan yang tinggi. Mereka hanya membutuhkan sedikit nutrisi untuk bisa hidup di berbagai kondisi, seperti peralatan rumah sakit, tempat cuci piring, hingga smartphone.

Parahnya, Pseudomonas Aeruginosa memiliki kemampuan untuk menolak pengobatan jika terjadi suatu infeksi.

3 dari 5 halaman

2. Corynebacterium

Corynebacterium adalah salah satu bakteri mematikan. Sebab, bakteri itu bisa menyebabkan penyakit difteri.

Penyakit ini bermula dari pilek yang kemudian menyebabkan demam dan kondisi menggigil pada pengguna. Dalam kondisi terburuk, penderita difteri bisa mengalami serangan jantung.

Corynebacterium pada smartphone ditemukan peneliti Universitas Oregon, Amerika Serikat (AS) pada 2014. Namun jenis yang ditemukan diklaim tidak memiliki varietas beracun.

4 dari 5 halaman

3. Clostridium Difficile

Sering sakit diare, demam, mual, sakit perut hingga kehilangan nafsu makan? Bisa jadi kamu terserang bakteri Clostridium Difficile dari smartphone.

Adapun langkah untuk memberantas bakteri tersebut, segera bersihkan smartphone-mu dengan tisu yang dibasahi cairan disinfektan untuk mensterilkan perangkat.

5 dari 5 halaman

4. Yeast

Yeast adalah bakteri jamur yang bisa hidup di hampir seluruh tubuh manusia. mereka berisiko menyebabkan infeksi penyakit kulit.

Cara memberantas bakteri ini juga sama, bersihkan smartphone dengan disinfektan untuk mengurangi risiko penularan.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Ingin Beli Smartphone Harga Sejutaan? Yuk, Cek Rekomendasinya di Sini
Artikel Selanjutnya
Boks Penjualan Redmi K30 Beredar di Internet