Sukses

Heboh Rendang Ayam Crispy, Warganet Indonesia dan Malaysia Kompakan Protes

Liputan6.com, Jakarta - Pekan ini, jagat internet dihebohkan dengan salah satu episode di ajang lomba masak Master Chef di Inggris.

Ada yang tak biasa dari episode tersebut. Salah seorang kontestan bernama Zaleha Kadir Olpin, memasak kuliner melayu yakni Nasi Lemak. Tak lupa, ia juga melengkapi makanan ini dengan rendang ayam.

Yang lucu, juri Master Chef Inggris menilai masakan Zaleha tidak sesuai dengan konsep Nasi Lemak pada umumnya.

Menurut juri, rendang ayam yang dimasak Zaleha tidak renyah alias crispy. Ia malah beranggapan kalau seharusnya rendang ayam itu renyah seperti ayam goreng tepung yang ada di restoran fast food.

Zaleha pun mengantongi nilai rendah karena penilaian juri tersebut. Ia pun terdepak dari babak perempat final.

Sontak saja, tersingkirnya Zaleha dari babak perempat final menuai protes keras warganet Twitter. Menariknya, tak cuma dari Malaysia, warganet Indonesia pun turut serta melontarkan kritik pedas ke juri terkait rendang ayam Zaleha.

Menurut warganet, rendang ayam seharusnya memang seperti yang dimasak Zaleha, bukan kering crispy seperti yang diharapkan juri. Mereka juga menilai juri bukan orang asli Malaysia, tetapi malah sok tahu soal rendang ayam.

Secara konsep, rendang ayam pada Nasi Lemak itu seharusnya 'basah' dan memiliki bumbu santan dengan rempah. Memasaknya pun butuh waktu lama, sehingga teksturnya lebih hancur dan empuk dimakan.

Untuk lebih lengkap, berikut kumpulan cuitan warganet seputar rendang ayam yang ditujukan untuk juri Master Chef Inggris:

2 dari 3 halaman

Sekadar Mengenang

Menurut informasi yang dilansir Asia One, Kamis (5/4/2018), tujuan Zaleha memasak Nasi Lemak dengan rendang ayam karena ia tertantang untuk memasak dengan kenangan yang ia alami.

Zaleha mengenang masa kecilnya saat ia tinggal di sebuah kota di negara bagian Kelantan, Malaysia. Semasa itu, ia selalu memakan nasi lemak.

"Aku dulu menyimpan uang untuk membeli nasi lemak pada hari Jumat. Ada juga kios khusus di luar sekolah kami yang biasa menjual nasi lemak lezat, harganya sekitar 20 sen. Rasanya benar-benar istimewa," kata Zaleha kepada juri Master Chef edisi Inggris, John Torode, di sela-sela proses memasak.

Nasi Lemak Zaleha pun tampak menggugah. Ia meletakkan Nasi Lemak di sebuah piring besar, dengan beberapa pelengkap lain, seperti rendang ayam, sambal udang, telur dadar, ikan teri, kacang, dan mentimun.

3 dari 3 halaman

Dikritik

Juri yang mengkritik Zaleha tak lain adalah Greg Wallace. Menurutnya, rendang ayam yang dimasak tidak renyah dan mengilangkan nilai khas Nasi Lemak yang notabene menjadi makanan khas Malaysia.

"Aku suka sama rendang, rasanya manis dan sarat rempah. Sayang, kulitnya tidak renyah, sausnya kebanyakan," kritik Wallace.

Sontak saja, kritikan Wallace 'melempar' Zaleha keluar dari babak perempat final. Tampak jelas dari raut wajahnya, ia kecewa berat. Ia pun mengaku kecewa dan langsung melepas celemeknya setelah dieliminasi.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading