Sukses

Pengguna Instagram Kini Bisa Tambah Tagar dan Link di Bio

Liputan6.com, Jakarta - Instagram kini mengizinkan pengguna mengubah deskripsi singkat alias bio pada profil mereka dengan tambahan tagar (hashtag) dan tautan (link) profil.

"Dengan tagar dan tautan profil di bio, pengguna bisa mengekspresikan diri atau ketertarikannya pada sesuatu," uja Instagram sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Kamis (22/3/2018)..

"Misalnya, kamu adalah seorang #guitarlover, hobi #pencilsketching atau memiliki akun #makeuptutorial, kamu bisa menghubungkannya ke tagar atau profil," kata Instagram.

Dengan menambahkan tagar dan tautan di profil, pengguna bisa menampilkan tak hanya deskripsi dirinya, tetapi juga apa hobi dan ketertarikan mereka.

Contohnya, saat kamu sedang mengadakan sebuah acara, kamu bisa memasukkan tagar yang dibuat khusus untuk acara tersebut sehingga pengguna lain lebih mudah saat mencari informasi tentang acara itu.

Untuk tautan profil, ada beberapa pengguna yang memiliki lebih dari satu akun Instagram, satu untuk menampilkan pekerjaannya dan satu lagi profil pribadinya.

Nah, kini pengguna juga bisa menautkan akun tersebut ke bio akun masing-masing akun, dan semua tautan ini bisa diklik sehingga pengguna lain tak perlu mengetikkannya secara manual.

2 dari 3 halaman

Dikabarkan Tambah Fitur Video Call

Instagram belum lama ini diisukan juga bakal menghadirkan fitur voice dan video call di platform-nya. Kini, kabar tersebut seolah terkonfirmasi dengan kode Instagram yang mengungkapkan adanya fitur voice dan video call.

Dalam laporan Tech Crunchfile untuk kedua fitur tersebut diberi label "call" dan "video call" dengan ikon telepon dan kamera dalam pake aplikasi Android (APK).

APK tersebut berisi kode aplikasi dan menampilkan file baru untuk fitur-fitur yang sebelumnya belum diluncurkan.

Dikutip dari The Verge, jika fitur tersebut benar-benar dirilis pada Instagram, aplikasi berbagi foto dan video singkat itu bakal menjadi ancaman besar bagi Snapchat.

Snapchat juga memiliki fitur video call, namun kini layanan itu sudah agak terkubur sebab pengguna harus mengetuk profil teman dan memilih tombol panggil di layar obrolan.

Sementara, aplikasi chatting Facebook Messenger memiliki tombol panggilan khusus di layar peluncuran aplikasi.

Sebelumnya saat Snapchat mendesain ulang tampilannya, banyak dikomplain oleh pengguna. Jika kini Instagram menghadirkan fitur panggilan, kemungkinan pengguna bakal makin lengket dengan aplikasi Facebook tersebut.

3 dari 3 halaman

Filter pada Video Call

Instagram beberapa waktu lalu memang dikenal sering menjiplak fitur-fitur yang mirip dengan Snapchat. Alhasil, Instagram Stories kini mendapatkan jumlah pengguna yang lebih banyak dibandingkan dengan Snapchat.

Sebelumnya, fitur panggilan Snapchat memungkinkan pengguna untuk menggunakan AR Lenses yang bisa menambahkan wajah pengguna dengan animasi telinga anjing atau mahkota dari bunga.

Instagram juga memiliki berbagai lensa untuk mendukung selfie. Bisa dibilang, kemungkinan fitur video call Instagram juga menghadirkan filter yang bisa diaplikasikan ke wajah.

Sayangnya belum diketahui kapan kedua fitur baru Instagram ini bakal dirilis untuk publik maupun diuji cobakan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Masih Kecil Sudah Jadi Selebritas Instagram, Orangtua Harus Bagaimana?
Artikel Selanjutnya
Bikin Akun Instagram, Mahathir Mohamad Unggah Foto Bareng Istri