Sukses

Motorola Siapkan Mod Khusus untuk Virtual Reality

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kabarnya, Motorola dilaporkan tengah bersiap meluncurkan aksesoris Moto Mod untuk lini smartphone-nya. Kali ini, perusahaan yang dimiliki Lenovo itu bersiap merilis aksesoris berupa virtual reality (VR) headset.

Informasi ini diungkap oleh Evan Blass, seorang yang kerap membocorkan informasi smarpthone terbaru. Seperti dikutip dari The Verge, Selasa (13/3/2018), ia sudah mengunggah desain headset tersebut di akun Twitter-nya.

Sayangnya, tak ada informasi detail mengenai aksesoris ini. Namun, menilik dari foto yang diunggah, headset ini memiliki tampilan yang tak berbeda dari perangkat serupa yang sudah ada di pasaran.

Berdasarkan desain yang beredar itu, ada kemungkinan headset ini juga mendukung fungsi augmented reality. Alasannya, headset ini memungkinkan kamera depan smartphone mengarah ke depan.

Hingga saat ini, memang belum ada pernyataan resmi dari Motorola mengenai headset tersebut. Akan tetapi, mengingat perusahaan sudah lama menyiapkan deretan mod yang siap meluncur, ada kemungkinan aksesoris ini akan dirilis dalam waktu dekat. 

Sekadar informasi, Motorola setidaknya sudah merilis empat Moto Mods. Sesuai namanya, aksesoris ini merupakan tambahan untuk seri smartphone Moto Z yang ditempelkan di bagian belakang bodi perangkat untuk memberikan fungsi berbeda.

Di Indonesia, Motorola memperkenalkan Moto Mods, seperti JBL Soundboots, Moto Insta-Share Projector, OffGrid PowerPack, serta camera mod Hasselblad TrueZoom. Moto Mods ini disebut tak gampang lepas karena menggunanakan magnet yang sangat kuat. 

1 dari 3 halaman

Moto Mods Bisa Dipakai Sampai 3 Generasi

Motorola pun memastikan Moto Mods dapat digunakan hingga tiga generasi. Informasi itu diungkapkan oleh Country Lead MBG Lenovo Indonesia, Adrie R. Suhadi saat peluncuran Moto Z.

“Moto Mods kami buat bisa bertahan untuk digunakan sampai tiga generasi Moto Z. Ini menjadi bukti kalau kami serius,” ujar Adrie di sela acara Modsventure In A Snap.

Bukan hanya bisa dipakai hingga tiga generasi, Mods yang hadir dipasangkan dengan smartphone Moto Z rencananya juga akan terus ditambah. Ia menyebut setidaknya ada 12 Mods yang dirilis dalam 12 tahun.

Adrie menyebut, untuk menghadirkan Mods, Motorola juga bekerja sama dengan banyak pihak. Sebab menurut Adrie, kunci dari modular Mods ada pada 16 pin yang terpasang di bagian belakang smartphone Moto Z.

2 dari 3 halaman

Mod Moto Z Polaroid

Terbaru, Moto Mods yang dilepas ke pasaran adalah mod Polaroid Insta Share Printer. Mirip dengan kamera instan, mod ini berfungsi untuk mencetak foto yang diambil dengan kamera smartphone, atau segala jenis foto yang ada di dalam foto.

Menariknya lagi, mod ini menghadirkan akses bagi pengguna untuk mengedit foto dengan menggunakan filter, border, teks, dan masih banyak lagi sebelum dicetak.

Menurut informasi yang dilansir Phone Arena, mod tersebut menggunakan kertas Polaroid Premium ZINK Zero-Ink berukuran 2x3 inci.

Hasil cetakan foto mod ini pun diklaim tampak baik dan aman tidak mudah luntur. Pasalnya, mod tersebut mencetak foto tanpa menggunakan tinta.

Selain itu, bagian belakang kertas ini juga bisa dilepas seperti stiker, karena bagian tersebut memiliki lem. Jadi, pengguna bisa menempel foto cetakan mod Polaroid tersebut di dinding atau papan khusus.

Saat ini, Polaroid Insta-Share Printer hanya baru dijual di Verizon, operator seluler asal Negeri Paman Sam dengan harga US$ 200 atau setara dengan Rp 2,6 juta.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Bos Lenovo Beri Kode Bangkitkan Moto Razr?
Artikel Selanjutnya
Moto X5 Bakal Punya Empat Kamera?