Sukses

Belum Ada Opsi Hijab di AR Emoji Galaxy S9, Apa Kata Samsung?

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy S9 resmi hadir di Indonesia. Dalam peluncurannya yang berlokasi di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Jumat (9/3/2018), Model, Artis sekaligus Triathlete Kelly Tandiono menyebut salah satu fitur yang disukainya dari Galaxy S9 adalah AR Emoji.

AR Emoji merupakan fitur baru pada kamera Galaxy S9 yang bisa membuat emoji pribadi pengguna dalam bentuk animasi dan stiker GIF. AR Emoji bisa diaplikasikan pada Galaxy S9 berkat teknologi augmented reality (AR) yang disematkan di flagship smartphone ini.

Dengan AR Emoji, pengguna bisa mengkustomisasi sendiri tampilan emoji pribadinya. Entah itu rambut panjang atau pendek dengan beragam warna, warna baju, hingga bentuk kacamata.

Sayang, tak ada opsi hijab atau kerudung bagi pengguna wanita di Indonesia. Padahal, di Indonesia jumlah wanita yang memakai hijab sangat banyak.

Lantas, apakah Samsung akan menghadirkan pilihan hijab agar bisa dikustomisasi di AR Emoji?

IT and Mobile Marketing Director Samsung Electronics Indonesia, Jo Semidang, pun membenarkan, saat ini pilihan AR Emoji hijab memang belum ada di Galaxy S9. Kendati begitu, Jo menganggap opsi hijab pada AR Emoji Galaxy S9 adalah usulan yang menarik.

"Sekarang memang belum ada, tetapi ini input yang menarik. Kami akan mencoba mengakomodir saran tersebut ke tim developer, kalau oke mungkin akan coba untuk dikembangkan," ucap Jo dalam sesi tanya jawab dengan wartawan usai peluncuran Galaxy S9 di Indonesia.

Jika opsi hijab AR Emoji pada Galaxy S9 dikembangkan, Jo menyebut butuh waktu lama untuk merealisasikannya.

 

1 dari 3 halaman

Spesifikasi Galaxy S9

Galaxy S9 Plus yang kini sudah tersedia di toko resmi Samsung di Indonesia (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sekadar diketahui, Galaxy S9 hadir dalam dua opsi yakni Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Secara spesifikasi, duo Galaxy S9 di Indonesia melenggang dengan prosesor Exynos 8910.

Soal kamera, Galaxy S9 memiliki kamera 12MP dan Galaxy S9 memiliki kamera ganda dengan kemampuan dual aperture F1.5 dan F2.4. Dual aperture ini berfungsi untuk mengambil foto dengan hasil terbaik di segala kondisi cahaya. Sementara, kamera depannya memiliki sensor 8MP dengan aperture F1.7.

Terkait memori, Galaxy S9 dibekali RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal 64GB. Sementara, Galaxy S9 Plus memiliki RAM 6GB dengan pilihan ruang penyimpanan 64GB dan 256GB. Keduanya didukung ruang penyimpanan eksternal melalui slot MicroSD hingga 400GB.

Galaxy S9 juga dibekali sertifikat IP68 yang tahan terhadap air hingga kedalaman 1,5 meter selama maksimal 30 menit. Selain itu, fitur-fitur lain yang dihadirkan Galaxy S9 antara lain adalah speaker berkualitas tinggi dengan teknologi AKG dan Dolby Atmos.

Seperti Galaxy S8, pada Galaxy S9 juga ada asisten pintar virtual Bixby yang kememampuan AR-nya diperbarui, sehingga proses penerjemahan bisa dilakukan secara real-time.

Soal kapasitas daya, Galaxy S9 memiliki baterai 3.000mAh dan Galaxy S9 Plus memiliki baterai 3.500mAh. Pengisian dayanya dilakukan melalui kabel USB Type C. Selain itu, Galaxy S9 juga dilengkapi koneksi NFC dan Bluetooth 5.0.

2 dari 3 halaman

Harga dan Penjualan Galaxy S9 di Indonesia

Seorang model menunjukkan ponsel Samsung Galaxy S9 Plus dan Samsung Galaxy S9 saat acara Samsung Galaxy S9 Unpacked di Barcelona, Spanyol (25/2). (AFP Photo/Lluis Gene)

Di Indonesia, proses pre-order Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sudah dilakukan pada 27 Februari hingga 5 Maret 2018. Galaxy S9 yang dibekali RAM 4GB dan memori internal 64GB dibanderol Rp 11,499 juta.

Sementara Galaxy S9 Plus dengan RAM 6GB dengan memori internal 64GB dijual Rp 12,999 juta dan Galaxy S9 Plus dengan RAM 6GB serta memori internal 256GB dijual Rp 14,499 juta.

Di Indonesia Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus hadir dalam 3 pilihan warna yakni Midnight Black, Coral Blue, dan Lilac Purple.

Penjualan perdana Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bakal dilaksanakan 16-18 Maret 2018 di Mall Kelapa Gading 3 Jakarta Utara, Central Park Jakarta Barat, Sun Plaza Medan, dan Pakuwon Surabaya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
5 Fitur Canggih TV QLED Samsung 2018
Artikel Selanjutnya
Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya?