Sukses

Mengenal Sabrina dan Shalma, Chatbot Baru Besutan Kata.ai

Startup asli Indonesia, Kata.ai, yang dikenal sebagai salah satu pelopor dalam bidang conversational AI baru saja memperkenalkan Sabrina dan Shalma.

Liputan6.com, Jakarta - Startup asli Indonesia,Kata.ai, yang dikenal sebagai salah satu pelopor dalam bidang conversational AI (Kecerdasan Buatan untuk Percakapan) di Indonesia, memperkenalkan Sabrina dan Shalma.

Keduanya adalah chatbot baru yang diklaim akan menjangkau ratusan juta masyarakat, konsumen perbankan dan, industri ritel di seluruh Indonesia.

Sabrina merupakan chatbot untuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang memiliki nasabah lebih dari 102 juta orang. Sementara Shalma adalah chatbot untuk Alfamart, perusahaan jaringan ritel dengan lebih dari 14.000 toko di Asia Tenggara yang melayani lebih dari 4 Juta pelanggan setiap hari.

Chatbot sendiri merupakan program komputer yang dirancang untuk menjalankan suatu fungsi melalui percakapan alamiah, yang memungkinkan pengguna berbicara dengan program ini seakan berbicara dengan manusia.

Dalam hal ini chatbot dapat memungkinkan BRI dan Alfamart menawarkan pengalaman yang lebih baik dalam berinteraksi dan meningkatkan kepuasan konsumen.

“Kami yakin apa yang bisa kami capai melalui kemitraan dengan BRI dan Alfamart adalah langkah menuju demokratisasi AI sebagai suatu perangkat yang dapat meningkatkan produktivitas masyarakat Indonesia” ujar Irzan Raditya, Co-Founder dan CEO Kata.ai melalui keterangan tertulisnya, Kamis (8/3/2018) di Jakarta.

Hal ini, Irza mengklaim, sangat relevan mengingat jangkauan mendalam kedua perusahaan tersebut di Indonesia dan bagaimana mereka memegang peran fundamental dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi Penting Chatbot

Chatbot Sabrina dari BRI (singkatan dari Smart BRI New Assistant) akan menjadi sebuah asisten virtual yang dapat membantu konsumen BRI mengakses informasi mengenai layanan perbankan dan finansial.

Sabrina dapat membantu konsumen menemukan lokasi BRI terdekat dan menangani keluhan pelanggan. Semua layanan ini dapat diakses melalui percakapan dengan Sabrina dalam Bahasa Indonesia.

Hingga Februari 2018, konsumen BRI dapat berinteraksi dengan Sabrina melalui Facebook Messenger dan Telegram. Ke depannya, Sabrina akan dapat diakses melalui aplikasi perpesanan lainnya.

“Sabrina memberikan kesempatan kepada kami untuk melayani dengan lebih baik dan juga sekaligus menjadi tempat untuk mendengarkan suara dari nasabah,” ujar Kaspar Situmorang, EVP Digital Centre of Excellence Bank BRI.

Sementara itu, Shalma (singkatan dari Sahabat Alfamart) adalah asisten virtual yang dikembangkan oleh Alfamart untuk memenangkan hati konsumen.

Cara yang dilakukan Alfamart untuk memenangkan hati konsumen adalah dengan cara memberikan pengalaman interaksi lebih baik lagi.

“Shalma diharapkan mampu menjadi channel komunikasi dan pelayanan terbaru Alfamart bagi konsumen yang selalu siap memberi solusi, informasi, dan penawaran yang tidak hanya relevan tetapi juga responsif," ujar Linda Valentin, General Manager Marketing Alfamart.

3 dari 3 halaman

Pencapaian Kata.ai

Sebelum Sabrina dan Shalma, Kata.ai sukses meluncurkan Veronika (asisten virtual untuk pelanggan Telkomsel) dan Jemma (chatbot consumer engagement virtual milik Unilever).

Sepanjang 2017, Veronika dan Jemma telah menghimpun lebih dari 26 Juta pengguna dan menangani perputaran lebih dari 200 juta pesan.

Jemma juga diketahui memenangkan penghargaan “The Most Interactive Brand Chatbot” dari LINE Corporation.

Sejak didirikan pada 2015, Kata.ai sudah menjadi mitra yang dipercaya oleh berbagai perusahaan besar seperti Microsoft, Accenture, dan LINE.

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.