Sukses

10 Gim PS1 Terlaris, Mana yang Pernah Kamu Mainkan?

Liputan6.com, Jakarta - 3 Desember 1994, Sony menggebrak industri gim dengan merilis konsol pertama dan terpopuler di dunia, yakni PlayStation (PS1 atau PSX).

Sejak diluncurkan hingga sampai akhir produksinya pada 23 Maret 2006, konsol PlayStation berhasil terjual sebanyak 100 juta unit di dunia.

Bagi anak-anak muda yang dulu tidak mempunyai PS1, mereka memilih pergi ke tempat rental untuk menghabiskan waktu selama berjam-jam hanya untuk bermain gim.

Jenis gim yang dimainkan pun beraneka ragam, mulai dari permainan sepak bola, balapan, fighting sampai simulasi mengurus pertanian warisan keluarga.

Tanpa berpanjang lebar, berikut adalah 10 gim PlayStation yang paling laris sepanjang masa.

1 dari 11 halaman

10. Metal Gear Solid

Developer: Konami

Tanggal rilis: 3 September 1998

Total penjualan: 6 juta kopi

Nama Hideo Kojima sudah melegenda kalangan gamer. Di dunia gim, Hideo Kojima terkenal sebagai perancang, penulis, sutradara, dan produser.

Karyanya yang sampai saat ini masih terkenal adalah seri Metal Gear. Seri gim tersebut dipuji bukan hanya karena visualnya, melainkan juga plot ceritanya yang dianggap kompleks.

Metal Gear Solid yang dirilis pada akhir 1998 berhasil terjual sebanyak 6 juta kopi. Hideo Kojima sendiri terlibat penuh dalam pengembangan Metal Gear Solid merangkap sebagai perancang, penulis, produser, dan sutradara.

Seri Metal Gear sudah memiliki lebih dari 20 judul, yang paling terbaru dan terakhir yang dibuat oleh Hideo Kojima adalah Metal Gear Solid V: The Phantom Pain.

2 dari 11 halaman

9. Tomb Raider II

Developer: Core Design

Tanggal rilis: 31 Oktober 1997

Total penjualan: 6,8 juta kopi

Siapa yang tak tahu petualang cantikberambut coklat Lara Croft? Ya, salah satu serinya--Tomb Raider II--berhasil terjual sebanyak 6,8 juta kopi. 

Bagi yang sudah main gim pada akhir 1990-an, Lara Croft telah menjadi karakter ikonik di dunia video gim.

Ia juga telah mengalami perubahan visual yang luar biasa, dari awalnya terlihat sangat sederhana sampai akhirnya diperankan oleh Angelina Jolie dalam adaptasi film berjudul Lara Croft: Tomb Raider yang rilis pada 2001, dan juga Alicia Vikander dalam film reboot Tomb Rider yang tayang pada Maret 2018.

3 dari 11 halaman

8. Crash Bandicoot

Developer: Naughty Dog

Tanggal rilis: 9 September 1997

Total penjualan: 6,82 juta kopi

Siapa yang masih ingat dengan sosok 'Aku Aku' dan 'Uka Uka'? Aku Aku adalah sosok arwah yang membantu tokoh Crash dan adiknya Coco untuk melawan kekuatan jahat dalam seri Crash Bandicoot

Sosok jahat di gim tersebut dipimpin oleh ilmuwan jahat bernama Doctor Neo Cortex yang dipandu oleh sosok Uka Uka, sesosok arwah voodoo jahat yang ternyata adalah adik kembar dari Aku Aku.

Selain Crash Bandicoot, ada juga gim balapan Crash Team Racing yang terjual sebanyak 2,2 juta kopi.

4 dari 11 halaman

7. Final Fantasy VIII

Final Fantasy VII. (Doc: Square Enix)

Developer: Square Soft

Tanggal rilis: 11 Februari 1999

Total penjualan: 7 juta kopi

Peringkat ke-7 ditempati oleh Final Fantasy VIII besutan Square Soft. Di seri ini, kamu akan bertemu dengan sang jagoan bernama Squall Leonhart yang harus menghadapi masa kegelapan di bawah ratu penyihir (sorceress) bernama Edea.

Setelah mengalahkan Edea, Squall dan teman-temannya mengungkap kenyataan Edea selama ini di bawah kendali Ultimecia, penyihir dari masa depan yang ingin menghancurkan waktu dan alam semesata.

Selama perjalanannya untuk mengalahkan Ultimecia, Squall harus berjuang untuk menjadi pemimpin yang baik, sekaligus menjalin salah satu kisah paling romantis di dalam gim sepanjang masa bersama salah satu rekannya, Rinoa Heartilly.

5 dari 11 halaman

6. Tomb Raider

Developer: Core Design

Tanggal rilis: 25 Oktober 1996

Total penjualan: 7,1 juta kopi

Seri pertama Tomb Raider menempati peringkat ke-6. Karakter Lara Croft dirancang oleh seniman grafis asal Inggris bernama Toby Gard. 

Setelah diperankan oleh Angelina Jolie, aktris Alicia Vikander juga terpilih untuk memerankan Lara Croft pada film terbarunya pada 2018. Angelina Jolie dan Alicia Vikander sama-sama pernah meraih piala Oscar untuk Aktris Pendukung Terbaik.

6 dari 11 halaman

5. Harry Potter and the Philosopher's Stone

Developer: Argonaut Games

Tanggal rilis: 15 November 2001

Total penjualan: 8 juta kopi

Novel Harry Potter tulisan J.K. Rowling dirilis sebagai gim pada bulan yang sama saat peluncuran filmnya, yakni pada November 2001.

Sayangnya, kritikus mengkritik grafik gim ini yang dianggap kurang baik. Begitu pun dengan gameplay-nya yang terlalu monoton.

7 dari 11 halaman

4. Tekken 3

Developer: Namco

Tanggal rilis: 26 Maret 1998

Total penjualan: 8,3 juta kopi

Ini dia gim pertarungan yang legendaris. Untuk pertama kalinya, Tekken 3 memperkenalkan karakter Jin Kazama sebagai salah karakter penting di dalam cerita seri Tekken dan melegenda hingga saat ini.

Eddy Gordo yang menggunakan teknik Capoeira serta Hwarang yang terkenal dengan teknik tendangannya juga diperkenalkan di gim satu ini. Selain itu, banyak karakter jagoan unik dengan kelihaian gaya tarung masing-masing, mulai dari Gon, Kangaroo, Panda, Kuma, Yoshitmitsu, hingga Ogre.

8 dari 11 halaman

3. Gran Turismo

Developer: Polyphony Digital

Tanggal rilis: 11 Desember 1999

Total penjualan: 9,37 juta kopi

Gim simulasi balap Gran Turismo 2 berhasil menempati 3 besar. Mungkin ada yang belum tahu, Kazunori Yamauchi selaku produser gim ini juga adalah seorang pembalap profesional.

9 dari 11 halaman

2. Final Fantasy VII

Developer: Square

Tanggal rilis: 31 Januari 1997

Total penjualan: 9,8 juta kopi

Tidak heran bila  Final Fantasy VII menempati peringkat 2. Di gim inilah pertama kalinya karakter legendaris seperti Cloud Strife, Tifa Lockhart, Vincent Valentine dan kawan-kawannya pertama kali dimunculkan untuk melawan Sephiroth, ksatria kidal yang dijuluki malaikat bersayap satu. 

Final Fantasy VII juga menjadi yang pertama dari seri Final Fantasy yang menggunakan grafik 3D.

10 dari 11 halaman

1. Gran Turismo

Developer: Polyphony Digital

Tanggal rilis: 23 Desember 1997

Total penjualan: 10,85 juta kopi

Ternyata gim PlayStation yang paling laku adalah Gran Turismo yang berhasil menjual lebih dari 10 juta kopi.

Berkat seri Gran Turismo, sang produser Kazunori Yamauchi menjadi terkenal bukan hanya di dunia gim, namun juga di dunia otomotif.

Itulah 10 gim PlayStation yang paling laris. Semoga para gim tersebut dapat memberikan nostalgia indah kepada mereka yang dulu memainkannya.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Xiaomi Siap Luncurkan Smartphone Gaming Pesaing Razer
Artikel Selanjutnya
Siap Digelar, Turnamen Arena of Valor Tebar Hadiah Rp 6,8 Miliar