Sukses

Nvidia Ingin Ubah Citra Negatif Warnet Gim lewat iCafe

Liputan6.com, Malang - Perusahaan kartu grafis Nvidia punya alasan tersendiri membuat program sertifikasi GeForce-Certified iCafe, selain untuk mendukung perkembangan eSports di Indonesia. Ini adalah salah satu cara lain untuk mengubah citra warnet (warung internet) gim yang negatif.

Christian Suryadi, iCafe Manager, mengatakan selama ini kondisi warnet--apalagi warnet gim--di Indonesia umumnya dianggap miris. Ada yang bermain gim sambil buka baju karena panas (tidak ada pendingin/AC), ada juga yang membuka situs pornografi dan lain sebagainya.

"Dari sana kita ambil kesimpulan. Kalau kita ingin membawa eSports, kita harus mengubah konsep warnet dulu sebelum melakukan edukasi ke keluarga, sekolah dan pemerintah tentang potensi eSport," kata Christian di Hardcore iCafe kepada Tekno Liputan6.com, Malang.

Program GeForce-Certified iCafe, dengan segala aturan ketat dan dukungan teknologi canggihnya, diharapkan dapat menjadi gambaran bagaimana dunia eSports yang sesungguhnya menawarkan nilai-nilai positif seperti kedisiplinan dan sportivitas, serta peluang dalam mengembangkan potensi di bidang digital kreatif.

Keberadaan iCafe diharap dapat membangun persepsi baru, sekaligus semakin membuka minat, optimisme, dan antusiasme masyarakat terhadap eSports.

1 dari 2 halaman

Sertifikasi Tidak Berlaku Permanen

Christian menambahkan, sertifikasi warnet gim iCafe tidak berlaku selamanya. Sewaktu-waktu sertifikasi tersebut bisa saja dicabut jika tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan.

"Jika sudah tidak sesuai standar akan dicabut. Inilah alasan program sertifikasi ini dibuat. Kalau kita bisa mengarahkan gamer lalu menghasilkan uang kenapa tidak," tuturnya.

Menurutnya, poin-poin positif seperti itulah yang harus disampaikan juga kepada orangtua agar citra negatif warnet gim dapat diubah menjadi positif.

Di warnet gim iCafe yang telah tersertifikasi, para gamer bisa mendapatkan pengalaman bermain gim yang optimal dengan dukungan platform GeForce GTX GPU.

Selain itu iCafe yang telah tersertifikasi juga akan mendapatkan akses ke sejumlah driver GeForce GTX iCafe yang telah dirancang khusus agar mampu menyuguhkan performa yang tinggi, hemat daya, dan andal.

(Dew/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Piala Thomas: Kevin / Marcus Komentari Kekalahan dari Ganda Thailand
Artikel Selanjutnya
Golden State Warriors Vs Houston Rockets: Saatnya Bangkit