Sukses

Nokia 2 Tak Dapat Android 8.0, Langsung Android 8.1

Liputan6.com, Jakarta - HMD Global telah mengumumkan seluruh smartphone Nokia terbaru besutannya akan mendapatkan kesempatan merasakan Android Oreo. Dengan demikian, pengguna Nokia 2, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 6, Nokia 7 dan Nokia 8 dipastikan bisa menjajal pengalaman memakai sistem operasi tersebut.

Namun baru-baru ini diketahui ternyata ada perubahan untuk Nokia 2. Sebab, smartphone yang masuk dalam kategori entry level itu tak akan mendapatkan Android 8.0 seperti saudaranya, melainkan langsung beralih ke Android 8.1.

Seperti dikutip dari Phone Arena, Minggu (31/12/2017), informasi ini diketahui langsung dari Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas melalui akun Twitternya.

Ia menuturkan, keputusan ini dilakukan karena pada Android 8.1 akan ada peningkatan untuk manajemen memori sehingga dirasa lebih tepat untuk Nokia 2 yang memiliki RAM 1GB saja.

"Nokia 2 akan menerima Android Oreo. Perangkat dengan RAM 1GB akan didukung oleh Android 8.1 yang sudah dibekali dengan sejumlah peningkatan manajemen memori Android Go yang telah terintegrasi. Performa Nokia 2 pun akan lebih baik," tuturnya melalui akun @sarvikas.

Kendati demikian, ia menyanggah smartphone ini masuk dalam program Android Go dari Google. Fitur manajemen memori yang terintegrasi dan sejumlah peningkatan yang ada di Android 8.1 mirip Android Go sehingga lebih tepat digunakan di Nokia 2.

1 dari 2 halaman

HMD Global Juga Pastikan Smartphone Nokia Nikmati Android P

Tampilan Nokia 2 (Credit: Android Authority)

Sekadar informasi, untuk sekarang baru Nokia 8 yang sudah mendapatkan pembaruan ke Android 8.0. Sementara Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 sendiri masih dalam tahap pengujian versi beta dari sistem operasi tersebut.

Selain Android Oreo, perusahaan juga memastikan, perangkat Nokia nantinya dapat menikmati pembaruan sistem operasi hingga Android P. Perusahaan asal Finlandia itu menyebut, setidaknya sistem operasi itu dapat dirasakan oleh perangkat seperti Nokia 3, 5, 6, dan 8.

Hal ini sejalan dengan janji HMD, yaitu smartphone Android Nokia akan menjalankan Android stock dan mendapatkan pembaruan secara berkala.

Artinya, semua smartphone Android Nokia saat ini akan bisa mendapatkan dua kali upgrade OS yaitu Android Oreo dan P. Saat ini, semua smartphone Nokia yang dirilis HMD Global menjalankan Android Nougat.

Chief Technology Officer HMD Global, Mikko Jaakkola sendiri sempat menyinggung soal rencana membuka bootloader smartphone Nokia.

Jika benar demikian, ketika HMD mengakhiri dukungan resminya untuk smartphone Nokia tertentu, pengguna akan tetap bisa memperbarui perangkat mereka dengan custom ROM.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Samsung Galaxy S7 Bakal Cicipi Android Oreo, Ini Tanggal Rilisnya
Artikel Selanjutnya
Ponsel Ini Dijual Rp 85 Ribu, Apa Istimewanya?