Sukses

Snapdragon 845 Juga Bakal Meluncur ke Chromebook?

Liputan6.com, California - Proses teranyar Qualcomm, Snapdragon 845 memang akan meluncur ke beberapa flagship smartphone dan perangkat "Always Connected PC". Namun, kabarnya prosesor cerdas itu disebut juga akan hadir pada perangkat Chromebook.

Informasi ini terungkap dari forum XDA Developers, Rabu (27/12/2017), yang mengatakan kalau saat ini ada sebuah perangkat Chromebook yang disematkan dengan prosesor Snapdragon 845. Sayang, sumber tidak menjabarkan pabrikan mana yang tengah mengembangkan Chromebook itu.

Chromebook versi sebelumnya memang sudah ditopang prosesor ARM yang bisa dibilang bukan produk baru. Pun demikian, prosesor ARM yang saat ini banyak dipakai di Chromebook sayangnya belum menjadi prosesor terbaik.

Adapun performa Snapdragon 845 sendiri dinilai melampaui ekspektasi dan sangat kencang. Untuk laptop, sudah ada dua perangkat Windows 10 yang menggunakan prosesor tersebut. Dengan demikian, bila informasi tersebut benar, berarti ini akan menjadi Chromebook pertama yang mengusung Snapdragon 845.

2 dari 3 halaman

Kecerdasan Buatan Jadi Senjata Utama

Snapdragon 845 menonjolkan kekuatan utama pada fitur kamera dan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence).

Alasannya tak lain karena teknologi AI dan kamera bakal menjadi lahan bisnis baru yang menggiurkan. Total pendapatan dari AI diprediksi mencapai US$ 160 miliar di 2025.

"Lagipula, smartphone bakal menjadi perangkat umum untuk pengembangan AI. Teknologi ini akan semakin meluas," tutur Director Product Management Qualcomm, Gary Brotman, saat pemaparan Snapdragon 845 di Maui, Hawaii ketika ditemui Tekno Liputan6.com beberapa waktu lalu.

Riset mencatat pengapalan smartphone mencapai 8,6 miliar unit pada 2017-2021. Adapun, pengembangan teknologi mobile akan mencapai US$ 80 miliar, dengan US$ 51 miliar dari core mobile dan US$ 29 miliar untuk teknologi lain, seperti Internet of Things (IoT), networking, mobile computing, dan otomotif.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Kamera

Selain AI, Qualcomm siap menggeber kemampuan kamera lewat Snapdragon 845. Untuk mendukung hal ini, Qualcomm memboyong sejumlah komponen mumpuni, antara lain prosesor grafis Adreno 630, Spectra 280 Image Signal Processor (ISP), dan AI Framework Google TensorFlow dan Caffe/Caffe2.

Menurut Bratman, AI juga dapat mendukung fotografi mobile. Misalnya, ponsel dapat menghasilkan foto bokeh hanya dengan menggunakan satu kamera saja. Snapdragon 845 diketahui mendukung kemampuan 4K HDR.

"Kemampuan AI yang diboyong ke Snapdragon 845 dapat mendukung banyak hal, mulai dari pemindaian wajah, asisten digital, hingga efisiensi pada konsumsi baterai. Dengan begitu, interaksi pengguna dan perangkat akan lebih lama," tandasnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading