Sukses

Tendang Apple dan Fitbit, Xiaomi Kuasai Pasar Wearable Dunia

Xiaomi meraup 17 persen pangsa dan berhasil menggeser posisi Apple dan Fitbit yang selama ini mendominasi penjualan wearable.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk pertama kalinya, Xiaomi menguasai pasar perangkat wearable di dunia dengan total pengapalan 22 juta unit. Startup asal Tiongkok ini meraup 17 persen pangsa dan berhasil menggeser posisi Apple dan Fitbit yang selama ini mendominasi penjualan wearable.

Menurut laporan lembaga riset Strategy Analytcs, penjualan fitness tracker Mi Band Xiaomi tercatat sebesar 3,7 juta unit pada kuartal kedua 2017, atau naik 23 persen dari periode sama 2016 sebesar 3 juta unit.

Menariknya, Xiaomi juga disebut mampu menjaga persaingan bisnis dengan produk terbarunya Xiaomi Mi Band 2 yang dapat memantau detak jantung.

Analis di Strategy Analytcs, Steven Waltzer mengatakan kenaikan penjualan ini dipicu oleh permintaan konsumen yang membutuhkan perangkat kebugaran dengan budget terjangkau di Tiongkok. Berbeda dengan pasar di AS yang lebih memilih smartwatch premium.

Sementara itu, Apple dilaporkan telah mengapalkan sekitar 2,8 juta unit, atau meningkat sebanyak 1 juta unit pada periode sama tahun lalu.

Selain itu, riset ini juga mengungkap pandangan menarik mengenai bagaimana pasar wearable mengalami perubahan dalam beberapa bulan terakhir. Misalnya, Apple Watch masih populer, tetapi banyak yang mulai beralih ke perangkat dengan harga yang lebih terjangkau.

(Cas/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.