Sukses

10 Kematian Tragis Akibat Smartphone

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang yang merasa hidup mereka tak lengkap tanpa smartphone . Hal ini karena berbagai aplikasi pada smartphone yang begitu berguna sekaligus juga menghibur serta mendukung kegiatan sehari-hari.

Sebut saja GPS untuk mengarahkan perjalanan, media sosial, dan aplikasi pesan untuk berkomunikasi, hingga aplikasi gim. Berbagai kebutuhan teratasi dengan smartphone membuatnya jadi tak lepas dari hidup manusia.

Namun, siapa sangka kalau smartphone bisa jadi penyebab kematian. Tak percaya? Berikut adalah 10 kematian tragis yang disebabkan smartphone seperti Tekno Liputan6.com kutip dari List Verse, Sabtu (15/7/2017).

1. Jatuh dari Tebing Gara-Gara Smartphone

Kebiasaan berjalan sambil memegang smartphone memang tak baik bahkan bisa menyebabkan bahaya. Seperti dialami oleh Joshua Burwell.

Pada Desember 2015, ia pergi ke Sunset Cliff di San Diego, sebuah tempat wisata untuk melihat matahari terbenam. Seperti turis kebanyakan, ia ingin berfoto dan mengunggahnya di media sosial.

pria berusia 30 tahun terpeleset dari tebing setinggi 30 meter saat selfie.

Sayang, saking sibuknya memegang smartphone, ia malah berjalan hingga melewati pagar pembatas dan jatuh dari tebing setinggi 18 meter. Meski regu penyelamat mencoba menolongnya, nyawa Burwell tak tertolong.

2. Meninggal Karena Pakai Fitur Pelacakan Smartphone

Kematian tragis dialami oleh seorang pria 23 tahun di Alabama. Februari 2016, ia mendapati iPhone-nya hilang dan memutuskan untuk melacak perangkat itu. Alih-alih meminta bantuan ke pihak berwenang, ia mencari smartphone-nya sendirian hingga ke sebuah tempat parkir gereja.

Saat mencoba menghubungi iPhone itu, terdengar nada dering. Namun, seorang pria tak dikenal justru menembak pemuda yang sedang mencari smartphone-nya itu. Ia pun meninggal di lokasi kejadian.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

2 dari 4 halaman

Smartphone Sebabkan Kecelakaan

3. Pakai Smartphone Sambil Mengemudi

Menggunakan smartphone saat mengemudi bisa menyebabkan kecelakaan fatal. Kejadian ini dialami oleh seorang pria 19 tahun asal Missouri, AS, yang mengemudi di jalan tol pada Agustus 2010. Ia dilaporkan mengemudi sambil SMS-an dan hal ini membuatnya tidak konsentrasi menyetir.

Kecelakaan beruntun pun terjadi dan membunuh pria muda itu dan seorang anak sekolah. Sementara, 38 orang lainnya dilaporkan mengalami luka berat akibat kecelakaan fatal itu.

4. Tersengat Listrik Saat Mengisi Daya Smartphone

Wanita Tiongkok bernama Ma Ailun terbiasa menerima telepon saat iPhone-nya sedang diisi daya. Namun, suatu hari saat iPhone-nya sedang diisi daya, Ma menerima telepon dan tersengat listrik.

Adik Ma memberi kesaksian, saat tersengat listrik, Ma langsung jatuh ke lantai dan meninggal di tempat sebelum sempat mendapat pertolongan medis.

5. Menyeberang Sambil Lihat Smartphone

Wanita di Guangdong, Tiongkok, meninggal dunia saat menyeberang jalan sambil melihat ke arah smartphone-nya. Mulanya, ia berhasil menyeberangi satu ruas jalan, sambil melihat smartphone.

Sayangnya, saat hendak menyeberangi ruas jalan kedua, ia terserempet truk hingga terpental ke ruas jalan pertama yang diseberanginya. Belum sempat bangun, sebuah truk mendekat ke arah perempuan itu dan langsung terbunuh.

 

3 dari 4 halaman

Tertabrak Truk

6. Tergilas Mesin Pemadat Sampah Gara-Gara Smartphone

Seorang pria bernama Roger Mirro meninggal dunia secara tragis saat hendak menyelamatkan smartphone yang terjatuh ke saluran pemadatan sampah. Mirro pun meminta kunci tempat pemadatan sampah itu.

Namun, sang istri menyadari bahwa sudah tiga jam sejak suaminya pergi, ia tak mendengar kabar apapun dari suaminya. Sang istri kemudian melaporkan kejadian ini ke polisi. Setelah memeriksa, polisi malah menemukan tangga yang yang mengarah ke puncak pemadat sampah. Polisi juga menemukan tubuh Mirro yang hancur dan tak bernyawa.

7. Berlari ke Api Gara-Gara Smartphone

Seorang wanita bernama Wendy Rybolt di Illinois, AS, meninggal dunia saat hendak menyelamatkan smartphone-nya di dalam rumah. Hal ini terjadi saat rumah Rybolt terbakar. Dirinya berusaha menyelamatkan diri dan anak perempuannya dengan berlari ke luar rumah.

Sadar smartphone-nya masih tertinggal di dalam rumah yang terbakar, Rybolt malah nekat berlari untuk menyelamatnya smartphone itu. Nyawanya pun tak tertolong karena pemadam kesulitan masuk ke rumah yang terlalap si jago merah.

8. Tersengat Listrik Akibat Selfie

Anna Ursu, remaja 18 tahun dari Bucharest, Rumania, bersama kawan-kawannya pergi ke depo kereta api untuk berswafoto. Semuanya berjalan dengan baik hingga Ursu memegang sebuah kawat yang ada di sebuah kereta sambil selfie.

Sayangnya, kawat itu beraliran listrik dan membuat Ursu tersengat bervoltase tinggi. Ursu pun terbakar dan meninggal di tempat.

 

4 dari 4 halaman

Paling Tragis

9. Smartphone Meledak

Gopal Gujjar, pria asal India, meninggal dunia gara-gara ponsel yang dipakainya meledak saat sedang digunakan untuk menelepon. Kejadian itu berlangsung di ladang, yakni saat Gujjar menggembala ternaknya.

Polisi yang menyelidiki pun mendapati Gujjar tergeletak di ladang dengan ponselnya yang sudah berserakan. Wajah dan tubuh Gujjar mengalami luka bakar hingga telinga, kepala, leher, dan bahunya.

10. Ibu Asyik Main Smartphone, Anak Tenggelam

Patricia Allen bersama tiga anaknya pergi ke kolam renang yang ada di apartemennya. Karena asyik main smartphone, Allen tak mengawasi anak-anaknya.

Ketiga anak malang itu pun tenggelam di kolam renang dan semua saksi menyebut kalau Allen baru panik saat ia sadar kalau dirinya tak bisa menemukan tiga anaknya.

(Tin/Isk)

 

Loading